Misa Matsushima, Pilot Pesawat Tempur Perempuan Pertama di Jepang

Siapa yang punya cita-cita jadi pilot pesawat tempur juga?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 27 Agustus 2018 icon 10:50 WIB
Misa Matsushima, Pilot Pesawat Tempur Perempuan Pertama di Jepang

Ilustrasi pilot pesawat tempur. (Pixabay)

Letnan I Misa Matsushima menjadi pilot pesawat tempur perempuan pertama di Jepang. Dia berhasil memenuhi kualifikasi untuk memperkuat pasukan Air Self Defence Force (ASDF) Jepang.

Menurut Misa Matsushima, tidak berbeda dengan pria, perempuan bisa menjadi pilot pesawat tempur. “Impian saya sejak lama terlah terwujud,” kata dia usai mengikuti upacara yang menandai berakhirnya masa pelatihan untuk menjadi pilot pesawat tempur F-15 di markas ASDF pekan lalu, dilansir dari The Japan Times.

Misa Matsushima bergabung dengan ASDF Jepang setelah lulus dari National Defense Academy tahun 2014. Setelah mendapat lisensi pilotnya pada Oktober 2016, dia pun terus berusaha keras agar bisa menjadi pilot pesawat tempur.

Baca Juga: Sporty Abis, Begini Potret Casual Jonatan Christie

Misa Matsushima bakal ditugaskan ke Air Wing ke-5 di Pangkalan Udara Nyutabaru, Jepang, mulai akhir Agustus ini. Dia pun akan melanjutkan pelatihannya di sana.

Angkatan Udara Jepang mulai menerima tentara perempuan pada 1993 lalu. Namun, pilot pesawat tempur dan pesawat pengintai tetap dikhususkan untuk pria.

Baca Juga: Terlihat Santai, Inilah Pekerjaan Asik dengan Gaji Selangit

Pada 2015, larangan partisipasi bagi perempuan itu pun dicabut. Kebijakan tersebut merupakan bentuk inisiasi pemerintah untuk meningkatkan jumlah personel perempuan di angkatan bersenjata Jepang. Langkah itu sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap kesetaraan gender.

Hampir 3 tahun kemudian, Misa Matsushima pun muncul sebagai pilot pesawat tempur pertama di Jepang.

Baca Juga: Pekerjaan Ini Bergaji Tinggi dengan Tingkat Stress yang Rendah!

“Saya berharap dia akan terus menerjang jalan yang sulit itu dan menjadi teladan bagi para perempuan yang bercita-cita menjadi pilot pesawat tempur,” ungkap sang pelatih, Osamu Uemori.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI