Sadar Nggak? Google Sangat Mudah Mengetahui 4 Rahasia Besarmu

Kehidupan pribadi yang seharusnya menjadi rahasia besar justru bisa diakses dengan mudah oleh Google.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 28 Agustus 2018 icon 14:44 WIB
Sadar Nggak? Google Sangat Mudah Mengetahui 4 Rahasia Besarmu

Ilustrasi akses internet. (Pexels)

Girls, kemajuan teknologi saat ini sudah sangat berkembang dan memberikan banyak kemudahan bagi kita. Namun, sebaiknya kalian tetap berhati-hati dalam memanfaatkannya. Jangan sampai kalian terbuai dengan kecanggihan hingga lalai dan memberikan berbagai rahasia besar yang bersifat pribadi.

Seperti halnya saat menggunakan kecanggihan teknologi internet dan smartphone. Di satu sisi, kita sangat dimanjakan dengan berbagai kemudahannya, tapi di sisi yang lain, kita hampir tidak memiliki privasi, lho. Parahnya lagi, tanpa kita sadari, Google bisa mengakses kehidupan pribadi dengan sangat mudah!

Hal ini terjadi karena kita saling terkoneksi dengan berbagai fitur canggih yang mereka tawarkan. Sebagai contoh, DewiKu akan berikan gambaran tentang kehidupan pribadi yang seharusnya menjadi rahasia bagi kita sendiri tapi justru bisa diakses dengan mudah oleh Google.

Baca Juga: Ini Deretan Alasan Kenapa Cowok Traveler Terlihat Keren!

Ilustrasi akses internet. (Pexels)
Ilustrasi akses internet. (Pexels)

 

1. Kata sandi

Ini yang paling krusial. Urusan kata sandi adalah hal yang sangat pribadi dan sebaiknya tidak bisa diakses oleh orang lain. Sayangnya, Google bisa mengetahui dengan mudah.

Baca Juga: Ambar Dwi Klaudiyah, Paspampres Cantik yang Bikin Cowok Terpesona

Contoh: Setiap kali mengakses internet dengan Google Chrome, kalian pasti diberikan tawaran untuk menyimpan kata sandi. Jika kalian klik setuju, otomatis Google mendapatkan satu akses paten untuk masuk ke dalam kehidupan pribadimu.

Ilustrasi akses internet. (Pexels)
Ilustrasi akses internet. (Pexels)

 

2. Tahu isi email

Kamu pasti punya satu akun Gmail kan? Tahu nggak sih, Google punya akses buat masuk ke dalam akunmu dan menjelajahi isi emailmu yang notabene sangat privasi.

Kamu keberatan dengan resiko ini? Nggak ada cara lain kecuali tutup akun Gmail kamu itu, Girls. Hanya itu satu-satunya cara biar isi emailmu tetap aman dan nggak diketahui pihak ketiga.

Mau opsi lain yang lebih aman? Balik lagi surat-suratan pakai pos :D

Ilustrasi email. (Pexels)
Ilustrasi email. (Pexels)

 

3. Mencatat kemana pun kamu pergi

Selama fitur GPS-mu aktif, siap-siap saja nggak bakal ada batas privasi antara kamu dan Google! Google bakal terus mencatat lokasi mana saja yang kamu singgahi dan menyimpannya dengan rapi di Google Maps timeline.

Coba sesekali kamu buka riwayatmu penjelajahanmu, kamu akan takjub dengan isinya. Google akan mencatat segalanya dengan sangat detail dan terperinci.

Google map. (Pexels)
Google map. (Pexels)

 

4. Google tahu situs online favoritmu

Sering belanja online lewat aplikasi Google? Hal ini akan mempermudah mereka dalam memprediksi situs belanja online favoritmu. Google bisa mendeteksi dengan mudah situs belanja mana yang sering kamu kunjungi.

Buka profilmu di Google Ad Setting, disana semua situs online kesukaanmu akan muncul. Dari hal ini juga Google jadi tahu apa hobi dan kesukaanmu.

Belanja online. (Pexels)
Belanja online. (Pexels)

 

Gimana, Girls? Apakah kamu sadar bagaimana mudahnya Google mengakses kehidupan pribadi kita? Begitulah teknologi, semakin canggih fitur yang ditawarkan, semakin besar juga resiko yang mengancam.

Baca Juga: Misa Matsushima, Pilot Pesawat Tempur Perempuan Pertama di Jepang

Sekarang tinggal pandai-pandainya kamu memanfaatkan teknologi. Jangan sampai ini menjadi bumerang dan rahasia besarmu disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab, ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI