4 Dampak Buruk Terlalu Lama Mandi

Ternyata mandi nggak cuma memberikan dampak menyegarkan tubuh.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 30 Agustus 2018 icon 13:05 WIB
4 Dampak Buruk Terlalu Lama Mandi

Ilustrasi mandi. (Unsplash)

Cuaca tropis di Indonesia membuat kebiasaan mandi dua kali sehari sudah menjadi sebuah kewajiban. Mandi nggak hanya mengatasi rasa gerah tapi juga membuat tubuh kita bersih dari kotoran dan debu yang menempel di kulit. Apakah kalian tahu kalau ada beberapa dampak jika terlalu lama mandi?

Ada beberapa dari kita yang memang mempunyai kebiasaan terlalu lama mandi. Menurut mereka setelah seharian beraktivitas, mandi dengan durasi yang lebih lama dapat memberikan efek relaksasi. Namun, kira-kira ada dampak buruknya juga nggak ya?

Mandi lama memang bisa merelaksasi otot. Mandi dengan air hangat dengan waktu yang lama dapat mengurangi ketegangan pada otot dan memberikan efek rileks pada tubuh. Kondisi otot yang rileks dapat mengurangi stres dan ketegangan syaraf.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk ketika Kita Terlalu Lama Duduk

Hanya saja di sisi lain, kamu juga perlu memperhatikan dampak buruk mandi terlalu lama. Berikut beberapa di antaranya.

Ilustrasi mandi. (Unsplash)
Ilustrasi mandi. (Unsplash)

1. Memicu rasa gatal

Ternyata terlalu lama mandi bisa memicu rasa gatal pada kulit. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengatur temperatur air ketika mandi menjadi cenderung hangat.

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Bermanfaat Bagi Tubuh

2. Menghilangkan pelindung alami kulit

Ilustrasi mandi. (Unsplash)
Ilustrasi mandi. (Unsplash)

Terlalu lama mandi bisa memberikan rasa tidak nyaman pada kulit, apalagi jika menggunakan air panas. Ini bisa mengganggu kestabilan pelindung alami kulit dan kelembapannya. Pelindung kulit berperan sangat penting dalam mencegah iritasi pada kulit.

3. Bisa menimbulkan efek pusing

Tekanan darah cenderung akan turun ketika terlalu lama berdiri di bawah shower. Jika kamu mempunyai masalah serius dengan jantung atau tekanan darah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

4. Menimbulkan kemerahan

Baca Juga: Ini Dia, 5 Bagian Tubuh Paling Cepat Menunjukkan Penuaan

Ilustrasi mandi / Pexels.com
Ilustrasi mandi. (Pexels)

Dampak buruk terlalu lama mandi lain adalah melebarnya pembuluh darah. Ini akan menimbulkan kemerahan pada kulit. Kamu bisa mengurangi suhu air dan durasi ketika mandi untuk mengurangi kemerahan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI