Cara Menghilangkan Kantuk Tanpa Kopi

Bye-bye rasa kantuk di siang hari.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 03 September 2018 icon 18:59 WIB
Cara Menghilangkan Kantuk Tanpa Kopi

Ilustrasi pekerjaan wanita. (Pexels)

Kurang tidur pada malam hari atau badan terlalu lelah adalah menjadi faktor utama merasakan kantuk pada siang hari. Jika selama ini solusinya menurut kamu hanya dengan minum kopi, itu salah besar. Ternyata ada beberapa cara menghilangkan kantuk tanpa kopi, lho.

Rasa kantuk yang menyerang membuat kita menjadi susah fokus dan menyelesaikan pekerjaan di kantor. Tapi kamu tahu betul jika terlalu sering minum kopi juga nggak baik untuk kesehatan tubuh. So, di bawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi rasa kantuk selain minum kopi. Check this out!

1. Mendengarkan musik upbeat

Baca Juga: Girls, Kurang Tidur dan 3 Hal Ini Mengganggu Kulit Wajah Lho!

Ilustrasi mendengarkan lagu galau. (Unsplash)
Ilustrasi mendengarkan lagu galau. (Unsplash)

Mendengarkan musik bisa membantu kamu untuk menghilangkan rasa kantuk. Tentunya musik yang upbeat ya, bukan yang melankolis. Ini akan membuatmu semangat lagi.

2. Jalan-jalan

Ketika kamu merasa kantuk yang tidak tertahankan, cobalah beranjak dari tempat duduk. Memilih tetap duduk di tempat membuat kantuk semakin menjadi-jadi.

Baca Juga: 6 Cangkir Kopi Dapat Turunkan Risiko Kematian Dini

Cobalah untuk jalan-jalan sebentar di sekitar kantor untuk menghirup udara segar dan memperlancar sirkulasi darah. Ini akan membuat kamu segar kembali.

3. Minum green tea

greentea/pinterest.com
Ilustrasi greentea. (Pinterest)

Jika kamu terbiasa meminum kopi sebagai teman setiamu, cobalah ganti dengan green tea. Kandungan polyphenols di dalam green tea bisa membantu tidur kamu lebih nyenyak, meningkatkan energi, dan mengatasi stres.

Hindari minum green tea yang berada dalam kemasan ya. Kamu dianjurkan untuk minum green tea yang alami agar khasiat yang didapatkan bisa maksimal.

4. Cuci muka dengan air dingin

cuci muka/pinterest.com
Ilustrasi cuci muka. (Pinterest)

Cara yang sangat mudah dan ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk. Mencuci muka dengan air dingin benar-benar bisa membuat kamu segar kembali. Temperatur air dingin bisa melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan energi, dan juga konsentrasi.

5. Minum air lemon

Baca Juga: Tips Biar Tubuh Tetap Bugar Walau Tidur Sebentar

lemon infus water/pinterest.com
Ilustrasi air lemon. (Pinterest)

Last but not least, cara menghilangkan rasa kantuk tanpa kopi yaitu dengan minum air lemon. Air lemon bisa memperbaiki metabolisme tubuh dan menghilangkan dehidrasi sehingga itu tubuh nggak kekurangan oksigen. Alhasil rasa kantuk pun hilang.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI