Sebelum Mengajukan Surat Resign, Jawab Dulu 3 Pertanyaan Ini

Kamu berencana resign karena merasa karir sudah mentok?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 08 September 2018 icon 13:59 WIB
Sebelum Mengajukan Surat Resign, Jawab Dulu 3 Pertanyaan Ini

Ilustrasi perempuan karir. (Pixabay)

Kamu sudah bekerja selama beberapa tahun dan merasa karirmu tidak banyak berkembang? Kamu ingin resign karena merasa karir sudah mentok?

Sabar, lho. Saat kamu merasa jenuh dengan pekerjaan yang itu-itu saja, bukan berarti kamu bisa langsung mengajukan surat resign. Perkara mengundurkan diri tidak semudah itu. Ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan. 

Nah, sebelum resign, jawab dulu pertanyaan-pertanyaan ini sebagai bahan renungan. Kalau kamu sudah bisa menjawab semuanya dengan lancar, berarti kamu siap resign dan pindah kerja.

Baca Juga: Lakukan Ini kalau Kamu Jenuh Kerja tapi Nggak Bisa Resign

1. Kenapa mempertimbangkan pindah kerja?

Jangan buru-buru memutuskan pindah kerja karena dihubungi suatu perusahaan. Bisa saja kamu cuma spontan tergoda dan penasaran dengan tawaran yang kedengaran menggiurkan.

Pertanyaannya adalah apakah kondisi di tempat kerja yang baru akan cocok untukmu? Belum tentu lho, bisa jadi malah nggak cocok sama sekali.

Baca Juga: Mau Berhenti Kerja? Ini Tips Resign untuk Kamu

Jadi, selidiki dulu calon tempat kerja baru itu. Kalau bisa, tanya-tanya ke mantan karyawannya. Jangan sampai lepas dari mulut singa jatuh ke sungai penuh buaya.

Ilustrasi mengobrol berdua dengan bos / Pixabay.com
Ilustrasi mengobrol berdua dengan bos. (Pixabay)

2. Apakah sudah diskusi dengan atasan?

Sebagai karyawan, kita wajib menjalin hubungan yang baik dengan bos. Meski kamu merasa si bos bukan orang perhatian atau bahkan cenderung galak.

Meski begitu, sebisa mungkin diskusikan masalah di tempat kerja dengan bos agar ditemukan solusi bersama. Mungkin dalam obrolan itu ada jalan keluar.

Bukan tidak mungkin bos jadi marah saat kita tiba-tiba minta resign karena merasa nggak dianggap. Maunya resign bulan depan, eh bisa jadi malah ditendang dari perusahaan hari itu juga. 

3. Yakin rencana sudah matang?

Rencana pindah kerja harus matang jika memang serius. Kalau ragu-ragu, mending mundur dulu selangkah dan berpikir lagi.

Indikasi rencana pindah sudah matang antara lain:

  • Sudah ada target perusahaan baru yang diincar
  • Sudah mencari tahu seluk-beluk perusahaan incaran, termasuk gaji dan budaya kerjanya
  • Ada perasaan optimis bakal diterima di tempat kerja yang baru

 

Ilustrasi stres bekerja / pexels.com
Ilustrasi stres bekerja. (Pexels)

Namun, itu semua hanya indikasi, lho. Jadi bukan berarti kalau semuanya terpenuhi, keputusan pindah kerja adalah yang terbaik.

Intinya, jika kamu ingin mengajukan surat resign, jangan asal main kabur. Ingat, kamu masuk baik-baik, jadi resign pun harus baik-baik.

Eh, tapi beda cerita kalau perusahaan tempatmu bekerja sengaja melanggar hak-hak kamu sebagai pekerja, ya. Kalau begitu kasusnya, segera mengundurkan diri adalah pilihan yang tepat.

 

Baca Juga: Girls, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Kamu Putuskan Resign

Artikel ini sudah dipublikasikan sebelumnya di Suara.com dengan judul Sebelum Memutuskan ''Resign'', Jawab Dulu 3 Pertanyaan Ini 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI