Takut Rusak? Begini Cara Merawat Sepatu yang Benar

Rawat sepatu sesuai dengan bahan dasarnya, ya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 08 September 2018 icon 15:41 WIB
Takut Rusak? Begini Cara Merawat Sepatu yang Benar

Ilustrasi sepatu. (Pexels)

Kalian selalu gatal ketika melihat brand sepatu favorit meluncurkan produk baru? Rasanya ingin cepat-cepat melakukan pre order agar sepatu incaranmu nggak diambil orang. Tapi perjuangan tentang sepatu nggak cuma sebatas rebutan pre order, lho. Merawat sepatu juga termasuk perjuangan yang nggak bisa kamu sepelekan.

Bayangkan, kamu mendapatkan sepatu itu dengan harga yang nggak murah tapi kemudian terlihat seperti sepatu yang biasa saja karena nggak dirawat dengan benar. Sayang banget, kan?

Biar sepatu kesayanganmu tetap awet dan terlihat sebanding dengan harga yang sudah kamu bayarkan, kamu harus merawatnya sesuai dengan bahan yang digunakan. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Reebok Rilis Sepatu yang Terbuat dari Tanaman

Bahan Suede

Bahan yang diambil dari lapisan belakang kulit asli ini memiliki permukaan semi berbulu yang sangat halus dan sensitif. Jika salah dalam merawatnya, sepatu suedemu akan menjadi kaku dan kasar.

Biar tetap awet, kamu harus tricky menghadapi bahan yang satu ini. Pertama, siapkan sikat sepatu khusus untuk bahan suede agar permukaannya nggak gampang rusak.

Baca Juga: Mirip Bungkus Kentang Goreng, Sepatu Ini Harganya Rp10 Juta Lebih

Kamu juga bisa memanfaatkan sedikit larutan cuka untuk menghilangkan noda yang mengandung garam di permukaan sepatu. Secara umum, gunakan stain remover khusus bahan suede untuk menghilangkan noda membandel.

Sepatu suede. (Pexels)
Sepatu suede. (Pexels)

Bahan Kanvas

Bahan yang satu ini paling familiar ditemui sebagai bahan dasar sepatu. Satu brand yang cukup terkenal malah menjadikannya sebagai ciri khas sepatu yang mereka produksi.

Cara merawat sepatu kanvas cukup mudah, cuci sepatu kanvas dengan larutan deterjen yang ringan dan air hangat lalu sikat perlahan dengan sikat gigi berbulu halus.

Pada bagian sol yang berwarna putih, kamu bisa menggunakan odol untuk mengembalikan warnanya agar kembali kinclong. Setelah itu bilas sampai bersih dan taruh dalam boks tertutupdengan sirkulasi udara yang baik.

Sepatu kanvas. (Pexels)
Sepatu kanvas. (Pexels)

Bahan Kulit atau Leather

Merawat sepatu kulit memang butuh ketelatenan tingkat tinggi. Kamu harus rajin menggosok permukaannya agar terlihat shiny. Apabila sepatu kulitmu bernoda, gunakan shampoo khusus kulit untuk membersihkannya.

Jika sudah kering, gosok sepatu dengan semir berbahan silikon. Gunakan kain lembut khusus untuk semir sepatu. Jangan lupa basahi kain dengan sedikit air agar hasilnya bisa maksimal.

Sepatu kulit/leather. (Pexels)
Sepatu kulit/leather. (Pexels)

Bahan Kulit Sintetis/Faux Leather

Faux leather atau kulit sintetis nggak serewel sepatu kulit dalam perawatannya. Kamu cuma butuh kain lap dan sedikit air untuk membersihkan permukaan sepatu.

Meski begitu, kamu tetap merawatnya dengan penuh perhatian, ya. Jangan jemur sepatu dengan bahan kulit sintetis di bawah sinar matahari langsung. Ini bikin sepatumu nggak awet, lho.

Baca Juga: 4 Model Sepatu Ini Bikin Penampilanmu Semakin Glamor

Sepatu kulit sintetis/faux leather. (Pexels)
Sepatu kulit sintetis/faux leather. (Pexels)

Gimana? Tidak ada yang sulit dalam merawat sepatu, kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI