Lifestyle

Awas, Posisi Tidur Tengkurap Berbahaya untuk Kesehatan

Jangan biasakan lagi posisi tidur tengkurap ya!

Rendy Adrikni Sadikin | Yasinta Rahmawati

Tidur tengkurap. (Pexels)
Tidur tengkurap. (Pexels)

Dewiku.com - Saat berbaring santai, nggak terasa banyak orang suka mengubah posisi tubuh menjadi tengkurap. Posisi seperti ini memang nyaman, namun ternyata posisi tengkurap ada risikonya lho.

Tidur tengkurap bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung dan kesulitan bernapas. Hal ini disebabkan posisi yang membuat jaringan jantung bekerja keras karena saluran aorta tertekan.

Makanya, nggak heran kalau saat tidur tengkurap atau setelahnya membuat ritme jantung menjadi tak beraturan dan kadang dada terasa sakit.

Posisi tidur. (Pexels)
Posisi tidur. (Pexels)

 

Risiko kesehatan juga berlaku pada posisi tengkurap yang bertumpu pada perut. Biasanya posisi ini dilakukan sambil menonton tv, baca buku, atau main gadget.

Dilansir dari Healthline, posisi seperti itu bisa menyebabkan berbaliknya lekukan normal tulang punggung. Hal ini cukup serius karena tulang belakang melindungi sistem saraf yang mengontrol dan mengoordinasi berbagai fungsi tubuh.

''Gangguan apapun pada komunikasi saraf kepada organ dan jaringan tubuh Anda bisa mengakibatkan fungsi abnormal,'' ujar terapis chiropractic Sherry McAllister.

Posisi tengkurap seperti ini nggak membiarkan diafragma berkontraksi dan melebar sepenuhnya. Hal ini bisa menyebabkan tarikan napas menjadi pendek yang bisa membuat stres dan rasa takut semakin memburuk.

Bahayanya, pada saat gejala mulai muncul, itu tandanya kerusakan sudah terjadi. Kerusakan itu akan berdampak pada pencernaan dan pernapasan.

Daripada tengkurap, mending ganti posisi dengan bersandar dengan bantal-bantal empuk di belakang punggung. Nggak kalah nyaman kok, dan tentunya nggak berbahaya.

Berita Terkait

Berita Terkini