6 Minuman Sehat Alternatif Selain Kopi

Yang pasti lebih sehat dan mengandung kafein lebih rendah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 12 September 2018 icon 15:18 WIB
6 Minuman Sehat Alternatif Selain Kopi

Ilustrasi minuman kopi. (Pixabay)

Akhir-akhir ini kebiasaan minum kopi jadi tren baru di kalangan milenial. Maka dari itu, nggak heran banyak coffee snob bertebaran di coffee shop lokal yang menjamur.

Meski sedang jadi tren, minum kopi memang punya dampak baik bagi tubuh, dengan catatan nggak melebihi asupan kafein harian yang disarankan.

Kalau kamu nggak terlalu suka kopi, jangan khawatir. Ada beberapa minuman sehat dan nggak kalah nikmat yang bisa jadi alternatif. Apa saja? Yuk, simak!

Baca Juga: Menarik! Kopi Favorit Mencerminkan Kepribadianmu

1. Teh hijau atau matcha

Teh hijau dan turunannya, matcha, memberi peminumnya antioksidan, klorofil, dan serat. Kandungan-kandungan itu sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung, memerangi kanker, dan baik untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2.

Ilustrasi teh hijau. (Pexels)
Ilustrasi teh hijau. (Pexels)

2. Teh kunyit

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah

Teh kunyit mengandung kurkumin yang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Kurkumin berkhasiat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan gejala radang sendi, bahkan dapat mencegah kanker dan Alzheimer.

3. Teh Rosella

Bunga rosella mengandung bermacam zat gizi seperti protrin, riboflavia, protein, kalsium dan juga zat besi dalam kadar tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi teh rosella, dipercaya dapat memerangi penyakit seperti kanker, hipertensi sampai menurunkan berat badan. Antioksidannya pun juga tinggi.

Ilustrasi Dark cokelat. (Pexels)
Ilustrasi Dark cokelat. (Pexels)

4. Cokelat hangat

Cokelat merupakan produk olahan yang dihasilkan dari biji tumbuhan kakao. Cokelat hangat mengandung neurotransmitter yang disebut anandamide yang mampu membantu dalam menjaga kesehatan mental dan memicu rasa bahagia dalam diri. Selain itu juga merupakan sumber magnesium yang membuatmu tetap aktif.

5. Teh hitam

Nggak kalah dari teh hijau, teh hitam juga mempunyai antioksidan dan fitonutrien yang bisa membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh sehingga punya efek menyehatkan. Teh hitam pun mempunyai kandungan kafein yang lebih rendah dari kopi.

6. Masala chai

Baca Juga: Stretchmark Mengganggu? Samarkan dengan 5 Bahan Alami Ini

Masala chai adalah minuman asal India yang cukup populer. Ia kaya akan rempah seperti kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, jahe, dan lainnya sehingga membuat minuman ini memiliki rasa yang kuat. Masala chai juga mengandung antioksidan, mampu mengobati flu dan demam, serta meningkatkan imunitas tubuh.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI