4 Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat dan Nyaman

Model oke bukan jaminan nyaman.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 12 September 2018 icon 16:13 WIB
4 Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat dan Nyaman

Sepatu lari. (Pexels)

Olahraga lari menjadi olahraga paling sederhana dan populer untuk kamu yang ingin memulai hidup sehat. Sepatu pun jadi perlengkapan yang paling penting bagi seorang pelari. Kualitas gerakan dan performa lari akan sangat dipengaruhi oleh kesesuaian sepatu yang digunakan selama berlari.

Bukan cuma memengaruhi performa, menggunakan sepatu lari yang salah juga bisa menjadi penyebab terjatuh dan cedera saat berlari. Maka dari itu, penting untuk memilih sepatu lari yang tepat. Bagaimana caranya? Yuk, simak!

1. Beli sepatu saat sore atau malam hari

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Reebok Rilis Sepatu yang Terbuat dari Tanaman

Saran pertama ini terdengar unik, tapi ada alasan kuat di baliknya. Di waktu sore atau malam, telapak kaki akan mengembang dan melebar karena sudah dipakai berjalan seharian.

Dengan mencoba sepatu saat kaki kita ada di bentuk terlebarnya, maka kita nggak bakal keliru membeli ukuran yang kekecilan.

Sepatu lari. (Pexels)
Sepatu lari. (Pexels)

2. Pilih yang nyaman

Baca Juga: Mirip Bungkus Kentang Goreng, Sepatu Ini Harganya Rp10 Juta Lebih

Jangan percaya kalau ada yang bilang sepatu akan melonggar dengan sendirinya seiring pemakaiannya, sebab hal itu nggak selalu terjadi. Pilih yang membuat kakimu nyaman sejak pertama kali menggunakannya.

Kamu akan menghabiskan ratusan kilometer bersama sepatu itu. Bayangkan betapa menyiksanya menempuh jarak sejauh itu dengan sepatu yang nggak nyaman. Selain itu, kemungkinan mengalami cedera juga lebih besar.

3. Jangan pilih yang terlalu ngepas

Saat mencobanya, pastikan ada jarak selebar ibu jari dari ujung depan sepatu ke jari kaki. Pilih yang masih mempunyai ruang agar jari kaki masih leluasa bergerak.

Kalau kamu sama sekali nggak bisa menggerakkan jari kaki, itu tandanya kamu perlu pilih satu ukuran di atasnya.

Sepatu lari. (Pexels)
Sepatu lari. (Pexels)

4. Perhatikan jalur lari

Sepatu lari dibagi menjadi 3 subkategori berdasarkan jalur larinya. Pertama adalah Road-running shoes, biasanya ditujukan untuk lari di jalan, trotoar, atau mungkin di permukaan apapun yang datar dan keras.

Kedua ada trail-running shoes untuk yang gemar berlari di trek ekstrim yang naik turun bukit dipenuhi batu, lumpur, atau akar.

Terakhir, cross-training shoes dirancang untuk para pengguna gym atau latihan Crossfit.

Baca Juga: Wakai Seiryoku, Slip On Nyaman untuk Kamu yang Energik

Itulah 4 tips memilih sepatu lari yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI