Ini Dampak Buruk dari Kebiasaan Makan Tengah Malam

Mulai sekarang jangan membiasakan makan tengah malam lagi, ya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 12 September 2018 icon 16:42 WIB
Ini Dampak Buruk dari Kebiasaan Makan Tengah Malam

Ilustrasi makanan. (Pexels)

Kamu punya hobi makan tengah malam? Sebaiknya berusaha berhenti dari kebiasaan ini, ya. Ternyata kebiasaan makan tengah malam mempunyai dampak buruk, lho.

Makan tengah malam ternyata memiliki efek yang nggak baik bagi berat badan, energi, dan hormon pada tubuh. Berikut beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya nggak makan tengah malam. Cek di bawah ini, ya!

1. Mempengaruhi memori

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Terlalu Lama Mandi

Mengonsumi snack tengah malam bisa berdampak negatif pada memori manusia. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan kalau makan tengah malam bisa punya pengaruh nggak baik untuk fungsi kognitif di dalam tubuh manusia.

Tidur tengkurap. (Pexels)
Tidur tengkurap. (Pexels)

2. Bisa bermimpi buruk

Kebiasaan makan tengah malam bisa membuat seseorang bermimpi aneh dan membingungkan yang bikin susah tidur. Makan tengah malam membuat area gastrointestinal di perut jadi nggak nyaman hingga menganggu kualitas tidur.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk ketika Kita Terlalu Lama Duduk

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Ada sebuah penelitian mengungkapkan kalau makan tengah malam bisa bikin tekanan darah menjadi tinggi. Ini disebabkan makan sekitar satu sampai dua jam sebelum tidur bikin kandungan garam di dalam tubuh meningkat.

Ilustrasi orang yang terlalu pemilih soal makanan. (Pixabay)
Ilustrasi orang yang terlalu pemilih soal makanan. (Pixabay)

4. Muncul penyakit asam lambung

Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur bisa memunculkan penyakit asam lambung. Jika seseorang tidur dengan keadaan makanan di perut yang masih penuh, kandungan asam akan tumpah memenuhi perut hingga kandungan asam masuk ke kerongkongan. Maka dari itu, muncullah penyakit asam lambung.

5. Merasa sangat lapar di pagi hari

Dampak buruk dari makan tengah malam akan membuat kamu merasa sangat lapar di pagi hari. Penyebabnya adalah produksi glukosa yang meningkat dalam tubuh bisa memicu rasa lapar yang berlebihan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI