Diam - diam 6 Kebiasaan Ini Bisa Menambah Berat Badan

Ayo cek kembali kebiasaanmu selama ini.

By: Tinwarotul Fatonah icon Kamis, 13 September 2018 icon 19:26 WIB
Diam - diam 6 Kebiasaan Ini Bisa Menambah Berat Badan

Ilustrasi timbangan berat badan

Demi menjaga berat badan ideal, segala cara pun dilakukan. Mulai dari diet, olahraga hingga konsumsi suplemen. Tapi apakah kamu pernah merasa sudah melakukan itu semua namun berat badan malah naik?

Mungkin kebiasaan di bawah ini penyebabnya, karena diam-diam bikin berat badanmu bertambah.

1. Menggabungkan jam makan

Baca Juga: Waspada, Kekurangan Karbohidrat Bisa Memperpendek Usia

Banyak orang yang menganggap bahwa melewatkan sarapan bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Padahal, penelitian menunjukkan hal sebaliknya. Melewatkan sarapan dapat memperlambat proses metabolisme tubuh, akibatnya tubuhmu akan cepat merasa lapar sehingga pada saat jam makan selanjutnya kamu bernafsu untuk makan lebih banyak dan lebih sering nyemil apapun.

Ilustrasi makan bersama. (Pixabay)
Ilustrasi makan bersama. (Pixabay)

2. Kurang minum air putih

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air putih secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan membantu mengontrol porsi makan dan membuat perut lebih kenyang. Alhasil, porsi makan bakal lebih sedikit.

Baca Juga: Hentikan, Kebiasaan Ini Bikin Kulit Berminyak Makin Parah

3. Menambahkan susu dan gula pada jus

Minum jus memang sehat, tapi mencampurnya dengan susu kental manis dan gula itu sama saja makan sayuran yang digoreng. Bukannya dapat vitamin, kamu bakal menimbul lemak.

Ilustrasi jus hijau
Ilustrasi jus hijau

4. Buang air besar nggak teratur

Aktivitas satu ini ternyata sangat berpengaruh lho. Karena kotoran yang harusnya dibuang malah mengendap di perut. Jika kamu mengalami sembelit, berat badanmu otomatis akan bertambah. Nggak heran berat badan bisa berkurang beberapa ratus gram setelah buang air besar.

5. Kurang tidur

Saat kurang tidur, hormon leptin dan ghrelin akan terpengaruh. Jika kadar leptin dalam tubuh berkurang, kita akan sulit merasa kenyang dan cenderung makan lebih banyak.

6. Kebanyakan minum protein shake

Baca Juga: 5 Olahraga yang Bikin Berat Badan Naik

Perlu digaris bawahi, protein shake memang bisa mengganti asupan makan tapi nggak bisa bikin berat badan berkurang secara signifikan. Protein shake mengandung karbohidrat, lemak, dan protein dalam jumlah yang seimbang namun juga mengandung gula dan bahan-bahan yang diproses secara kimia. Kalau kamu cuma minum protein shake tanpa melakukan olahraga teratur, ya sama saja nggak ada kalori yang terbuang.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI