4 Alasan Baik untuk Mulai Lakukan Plank Setiap Hari

Salah satunya, cukup luangkan 1 menit sehari.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 18 September 2018 icon 15:38 WIB
4 Alasan Baik untuk Mulai Lakukan Plank Setiap Hari

Ilustrasi gerakan plank. (Pexels)

Ada banyak olahraga yang baik untuk dilakukan setiap hari, salah satunya olahraga plank. Di balik gerakannya yang terlihat sederhana dan mudah diikuti, plank termasuk gerakan paling efektif yang bukan cuma mampu menguatkan otot, tapi juga menghilangkan lemak-lemak sekitar perut.

Selain manfaat plank yang sudah disebutkan di atas, DewiKu punya deretan alasan mengapa plank jadi gerakan olahraga yang bagus banget untuk dilakukan setiap hari. Apa saja? Yuk, simak!

1. Bisa dilakukan kapan saja

Baca Juga: Melakukan Plank Secara Rutin, Banyak Manfaatnya, lho!

Betapapun sibuknya aktivitas, hampir nggak ada alasan untuk melewatkan 60 detik melakukan posisi plank. Yup, kamu bisa memulainya dengan waktu 1 menit dahulu, kemudian tingkatkan menjadi lebih lama.

Plank bisa dilakukan saat bangun tidur, setelah beberes rumah, atau saat santai. Meluangkan waktu 1 menit bukanlah hal yang sulit, kan?

Ilustrasi gerakan plank / Pexels.com
Ilustrasi gerakan plank. (Pexels)

2. Bisa dilakukan di mana saja

Baca Juga: Ada Alasan Baik di Balik Sepatu Kebesaran Meghan Markle

Kamu bisa melakukan plank di kamar, ruang tamu, taman atau bahkan kantor! Sebab nggak perlu banyak alat untuk melakukan plank, cukup tikar untuk alas. Atau bahkan nggak perlu tikar sama sekali kalau lantainya sudah bersih.

3. Tubuh lebih tegap

plank bisa menguatkan otot punggung dan melatih tulang punggungmu agar tetap lurus. Otot punggung yang kuat membuatmu menjadi lebih tegap, baik pada saat kamu duduk maupun berdiri.

Postur tubuh yang tegap ini juga bisa membuatmu bebas dari gangguan urat terjepit yang sangat menyiksa. Selain itu, postur tubuhmu juga menjadi lebih indah.

Ilustrasi gerakan plank / Pexels.com
Ilustrasi gerakan plank. (Pexels)

4. Mengurangi stres

Baca Juga: Boys, Kamu Merasa Cewekmu Bersikap Aneh? Ternyata Ini Alasannya

Latihan plank setiap hari juga bermanfaat untuk mempengaruhi sistem saraf dan membantu mengatasi stres yang sedang kamu rasakan. Hal ini terjadi karena gerakan plank mampu mengendurkan otot tubuh yang kaku karena stres maupun karena aktivitas sehari-hari seperti kebiasaan terlalu lama duduk.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI