Rutin Konsumsi Buah Plum Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan

Buah plum juga baik buat kamu yang sedang menjalani program diet.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 19 September 2018 icon 21:18 WIB
Rutin Konsumsi Buah Plum Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan

Ilustrasi buah plum. (Pexels)

Kalian pernah makan buah plum? Buah yang belum umum dijumpai di Indonesia ini sedang naik daun karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rasanya yang unik, segar dan berair ini membuat banyak orang ketagihan.

Penasaran, seperti apa seluk beluk buah plum? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat dalam tulisan di bawah ini.

Buah plum memiliki ciri fisik yang menyerupai buah apel tapi lebih lunak dan warnanya cenderung lebih gelap dari apel. Plum yang biasanya dipasarkan di Indonesia memiliki warna ungu gelap dengan semu kemerahan dan memiliki kandungan air yang banyak.

Baca Juga: Terkenal Rakus, 4 Zodiak Ini Paling Susah Diet

Tahu nggak sih, dalam satu buah plum, kamu bisa mendapatkan kandungan yang cukup lengkap lho. Kandungan tersebut antara lain vitamin A, magnesium, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, mineral dan juga fenol serta beberapa zat lainnya.

Ilustrasi buah plum. (Pexels)
Ilustrasi buah plum. (Pexels)

Selain dijual dalam bentuk buah segar, plum juga sering ditemui dalam bentuk kemasan kaleng yang disebut prune. Prune memiliki nutrisi yang hampir sama dengan plum, hanya saja kandungan mineral dan vitamin yang lebih tinggi.

Buah plum dan prune juga mengandung asam oksalat yang bermanfaat sebagai perisai tubuh sehingga bisa diandalkan untuk menjaga kestabilan kesehatan tubuh. Rutin mengkonsumsi buah plum bisa membantu kamu dari kerusakan fungsi hati akibat berbagai faktor.

Baca Juga: Ini Pose Cantik Mega Gumelar yang Katanya Mirip Lisa Blackpink

Selain itu, beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengkonsumsi buah plum dan prune adalah meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan jatung, melancarkan pencernaan hingga mencegah kanker.

Untuk yang yang sedang diet, mengkonsumsi buah plum ternyata sangat membantu lho! Caranya sangat mudah. Kamu cukup minum jus buah plum sekali sehari untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Jika buahnya terasa sangat asam, kamu bisa menambahkan sedikit madu sebagai perasa.

Ilustrasi buah plum. (Pexels)
Ilustrasi buah plum. (Pexels)

Alternatif lainnya, kamu bisa makan buah plum secara langsung. Rasanya mungkin sedikit asam, tapi keunggulan makan buah plum segar yang tidak diblender adalah kandungan seratnya yang baik untuk pencernaan.

Baca Juga: Fasilitas di Tempat Kerja Ini Hanya Dinikmati Pekerja Milenial

Konsumsilah buah plum sebagai pengganti cemilan, maka program dietmu akan sangat terbantu! 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI