Musik Bikin Lebih Produktif, Nggak Percaya?

Ini buktinya!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 27 September 2018 icon 16:46 WIB
Musik Bikin Lebih Produktif, Nggak Percaya?

Ilustrasi mendengarkan musik. (Unsplash)

Banyak yang mengenal musik sebagai bahasa universal karena kemampuannya yang bisa merangkul segala golongan. Ternyata bukan cuma itu kehebatan musik. Masih ada beberapa manfaat musik yang kamu perlu tahu, salah satunya adalah bikin kamu lebih produktif.

Kok, bisa? Ini penjelasannya.

Musik meningkatkan konsentrasi

Baca Juga: Inilah 5 Benda yang Bikin Harimu Nggak Produktif di Kantor

Ternyata mendengarkan musik bisa meningkatkan konsentrasi. Sebuah studi mengungkapkan, anak-anak yang rutin mendengar musik klasik mengalami peningkatan konsentrasi dan kemampuan mendengar.

Studi ini dilakukan oleh Susan Hallam, profesor pendidikan dan psikologi musik dari Universitas London.

Ilustrasi mendengarkan musik / pexels.com
Ilustrasi mendengarkan musik. (Pexels)

Musik dapat mengurangi stres

Baca Juga: Menarik! Ini 5 Manfaat Mendengarkan Musik

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, para ilmuwan dari University of Missouri setuju bahwa mendengarkan musik dapat memperbaiki suasana hati.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa perbaikan mood dan penurunan tingkat stres terlihat setelah 2 minggu rutin mendengarkan musik. Tertarik mencoba?

Ilustrasi mendengarkan lagu galau. (Unsplash)
Ilustrasi mendengarkan musik. (Unsplash)

Musik bisa bikin kamu bahagia

Pernah dengar istilah hormon dophamine? Hormon yang dapat meningkatkan rasa bahagia ini ternyata sangat meningkat kadarnya dalam tubuh ketika kamu mendengarkan musik favorit.

Dengan meningkatnya kadar dophamine, moodmu juga jadi ikut meningkat. Itulah yang menyebabkan kamu lebih produktif ketika mendengarkan musik saat bekerja.

Ilustrasi mendengarkan lagu galau. (Unsplash)
Ilustrasi mendengarkan musik. (Unsplash)

Musik bikin banyak energi

Musik ternyata bisa meningkatkan energi, lho. Mungkin ini salah satu alasan kenapa tempat gym selalu menyalakan musiknya dengan suara yang kencang.

Beberapa jenis musik yang menonjolkan bunyi dentuman akan membuat energimu lebih membuncah. Efeknya, kamu jadi lebih bersemangat. Semangat inilah yang membuat kamu lebih produktif dalam bekerja.

Baca Juga: Deretan Genre Musik yang Mampu Pengaruhi Suasana Hati

Alat musik biola. (Pixabay/Bairyna)
Ilustrasi alat musik. (Pixabay/Bairyna)

Gimana, apakah kamu sudah terbiasa mendengarkan musik saat bekerja? Jika belum, dengarkan musik dari sekarang agar pekerjaanmu terasa lebih ringan. Selamat mencoba, ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI