Kenali Penyebab Gatal pada Miss V

Salah satunya menggunakan celana ketat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 27 September 2018 icon 17:15 WIB
Kenali Penyebab Gatal pada Miss V

Ilustrasi celana jeans. (Pixabay)

Gatal pada area miss V tentu sangatlah mengganggu. Apalagi kalau rasa gatal itu muncul saat kita berada di keramaian.

Umumnya gatal pada area miss V bukanlah kondisi serius yang perlu dikhawatirkan. Namun jika rasa gatal itu sudah tidak wajar dan berlarut-larut, ada baiknya untuk segera periksa ke dokter. Rasa gatal di miss V bisa terjadi karena beberapa sebab.

Yuk, kenali penyebab gatal pada miss V di ulasan berikut ini.

Baca Juga: Wow, Ada Masker Khusus untuk Miss V

1. Menggunakan celana ketat

Sering menggunakan celana yang terlalu ketat membuat area tersebut lembap dan menjadi lebih mudah berkeringat. Sebab, siklus udara yang masuk ke area miss V terhambat.

Nah, keringat itulah yang menimbulkan rasa gatal. Untuk menghindarinya, coba selingi dengan menggunakan celana berpotongan longgar dan menyerap keringat ya.

Baca Juga: Pakai Pantyliner Setiap Hari Ada Risikonya Lho

Ilustrasi skinny jeans / pixabay.com
Ilustrasi skinny jeans. (Pixabay)

2. Bahan kimia

Beberapa produk berbahan kimia yang bersinggungan dengan miss V dapat memicu timbulnya alergi dan iritasi kulit. Coba ingat lagi, apakah kamu merendam celana dalam dengan pewangi? Atau menggunakan pembalut tertentu kemudian gatal?

Wah, itu tandanya kamu perlu menghentikan pemakaiannya, Girls.

3. Alat cukur

Kalau kamu risih dengan panjang bulu di bagian Miss V, mencukurnya adalah hal yang diperbolehkan, kok. Tapi cek dulu alat cukurnya. Jangan sampai kamu menggunakan yang sudah tidak layak pakai sehingga menyebabkan iritasi saat mencukur.

Ilustrasi perempuan sedih. (Pixabay)
Ilustrasi perempuan sedih. (Pixabay)

4. Kecelakaan saat mencukur

Beberapa perempuan mungkin memiliki bulu kemaluan yang kasar. Saat selesai mencukur, bagian miss V akan terasa halus dan bersih namun tidak berapa lama akan tumbuh kembali dengan ujung rambut yang terasa kasar.

Inilah yang membuat gatal. Solusinya, kompres dengan air hangat sebelum dan sesudah mencukur agar bulu kemaluan lebih 'kalem'.

5. Infeksi jamur

Gatal juga bisa disebabkan oleh jamur yang tumbuh berlebihan pada vagina dan vulva. Kehamilan, hubungan seks, antibiotik, dan sistem imun yang melemah dapat membuat wanita lebih rentan mengalami infeksi jamur.

Baca Juga: 5 Hal Penting sebelum Mencukur Rambut Miss V

Selain gatal, jamur akan menyebabkan vagina mengeluarkan cairan putih dan kental. Sebelum membeli obat di apotek, ada baiknya konsultasi ke dokter kelamin dulu, ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI