Deretan Kebiasaan yang Bikin Sulit Menabung

Salah satunya adalah kebanyakan nongkrong.

By: Angga Roni Priambodo icon Sabtu, 29 September 2018 icon 20:04 WIB
Deretan Kebiasaan yang Bikin Sulit Menabung

Ilustrasi uang. (Unsplash)

Masih muda dan baru bekerja, rasanya ingin menggunakan uang gajian dengan bijak. Namun nyatanya menabung terasa sangat sulit, bahkan baru tengah bulan saja uang sudah menipis.

Sadar tidak sih kalau hal itu disebabkan karena kebiasaan yang terlalu boros? Sadar tidak sadar, yuk simak deretan kebiasaan yang bikin kita boros dan sulit menabung.

1. Terlalu sering nongkrong

Baca Juga: Diam - diam 6 Kebiasaan Ini Bisa Menambah Berat Badan

Sebagai makhluk sosial, meluangkan waktu untuk bersosialisasi memang penting. Selain itu bisa jadi hiburan untuk melepas penat. Namun kegiatan ini tidak perlu dilakukan sering-sering, apalagi jika harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Pilih saja mana yang kiranya penting dan pas dengan budgetmu.

Ilustrasi makan bersama. (Pixabay)
Ilustrasi makan bersama. (Pixabay)

 

2. Beli pakaian

Baca Juga: Tips Menabung Ini Cocok Banget Buat Generasi Milenial

Tidak masalah sih membelanjakan uang gajian untuk kebuthan sandang kita, terlebih kalau pekerjaan menuntut dalam penampilan. Tapi menjadikannya alasan untuk sering membeli pakaian juga tidak baik. Triknya, beli pakaian dengan kualitas baik dan mudah dipadupadankan supaya tidak perlu sering-sering beli pakaian.

3. Tidak menyisihkan uang untuk ditabung

Kalau benar-benar ingin menabung, perlu niat dan strategi khusus untuk mengatur keuangan. Jika biasanya menabung setelah ada uang tersisa, coba hal sebaliknya. Begitu gajian, langsung sisihkan uang untuk ditabung dan jangan mengambilnya. Menunggu sisa uang hanya akan membuatmu tergoda untuk membeli kebutuhan-kebutuhan lain. Hasilnya? gagal menabung lagi deh.

Ilustrasi uang. (Unsplash)
Ilustrasi uang. (Unsplash)

 

4. Tidak mampu kontrol diri

Baca Juga: Hentikan, Kebiasaan Ini Bikin Kulit Berminyak Makin Parah

Coba mulai sekarang beri batas tegas antara keinginan dan kebutuhan, sebab keduanya adalah dua hal yang jauh berbeda. Kalau terlalu sering menuruti keinginan, pasti hasilnya bakal boros banget. Nah, maka dari itu agar berhasil menabung, sebaiknya kontrol diri untuk tidak mengeluarkan uang demi sesuatu yang sebenarnya bukan kebutuhan mendeak.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI