Harus Tahu, 4 Bahaya Kebiasaan Menyilangkan Kaki

Posisi duduk ini rupanya cukup bahaya, Girls.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 01 Oktober 2018 icon 16:13 WIB
Harus Tahu, 4 Bahaya Kebiasaan Menyilangkan Kaki

Menyilangkan kaki. (Unsplash)

Selama ini, menyilangkan kaki dianggap sebagai postur posisi duduk yang lumrah. Pasti kamu sering kan, menemukan orang yang duduk dengan cara menyilangkan kakinya? Atau, mungkin kamu sering tidak sadar duduk dengan posisi seperti itu?

Bagi perempuan, posisi duduk menyilangkan kaki memang terkesan lebih anggun dan elegan. Namun, tahukah kamu bahwa kebiasaan ini ternyata membawa dampak negatif bagi tubuh? Berikut hal yang harus kamu tahu.

Menyilangkan kaki. (Unsplash)
Menyilangkan kaki. (Unsplash)

1. Berpotensi bikin varises

Baca Juga: Bahaya Menahan Kentut yang Perlu Kamu Tahu

Tampilan spider veins atau varises terkadang bikin tidak percaya diri, dan sayangnya posisi menyilangkan kaki dapat meningkatkan potensi terkena varises.

Menyilangkan kaki meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang bertanggung jawab mengalirkan darah kembali ke jantung. Saat duduk dengan posisi ini, salah satu kaki akan menekan kaki lainnya sehingga memengaruhi kelancaran aliran darah. Ini yang kemudian bisa menjadi salah satu penyebab varises.

2. Berefek buruk pada saraf kaki

Baca Juga: Sering Menahan Kencing? Awas Bahaya Mengintai

Menyilangkan kaki dalam waktu yang lama akan memberikan sensasi tidak mengenakkan pada kaki, terutama pada kaki bagian bawah, seperti kram atau kesemutan.

Walau sensasi kram atau kesemutan ini hanya sementara, jika dilakukan setiap hari secara terus menerus dan dalam waktu yang lama, tetap dapat berdampak buruk pada saraf kaki.

Menyilangkan kaki. (Unsplash)
Menyilangkan kaki. (Unsplash)

3. Meningkatkan tekanan darah

Menyilangkan kaki saat duduk dapat membuat tekanan darah meningkat secara temporer. Alasannya, darah di kaki mesti dipompa ke jantung melawan gravitasi.

Hal ini saja sudah membutuhkan upaya keras, apalagi ditambah salah satu kaki menyilang posisi kaki lainnya? Bakal ada hambatan aliran darah. Oleh karenanya tubuh harus meningkatkan tekanan darah untuk mendorong darah kembali ke jantung.

4. Sakit punggung dan leher

Menyilangkan kaki bukanlah posisi yang baik bagi tulang belakang. Lutut bagian atas akan menekan lutut bagian bawah sementara panggul berada dalam posisi bengkok.

Hal itu akan mengakibatkan salah satu tulang panggul memutar dan memberikan tekanan pada punggung bawah, tengah, hingga ke leher. Jika dilakukan secara terus menerus, maka nyeri pada leher dan punggung bisa terjadi.

Baca Juga: Awas, Posisi Tidur Tengkurap Berbahaya untuk Kesehatan

Pada dasarnya, semua yang berlebihan itu tidak baik, termasuk kebiasaan menyilangkan kaki.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI