Jangan Asal Tuduh, Ternyata Pria Lebih Emosional ketimbang Wanita

Pintar menyembunyikan perasaan tapi sebenarnya lebih emosional.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 02 Oktober 2018 icon 18:08 WIB
Jangan Asal Tuduh, Ternyata Pria Lebih Emosional ketimbang Wanita

Ilustrasi cowok berkacamata. (Pexels/Bruce Mars)

Wanita sering kali dianggap lebih emosional dibandingkan pria. Alasan sederhana, karena wanita cenderung lebih mudah menunjukkan ekspresinya dalam berbagai kondisi.

Namun, hasil penelitian berikut ini berkata lain. Rosalind Franklin, peneliti dari University of Medicine and Science, menemukan fakta bahwa ukuran hipokampus pria dan wanita hampir tidak memiliki perbedaan. Jadi, anggapan bahwa wanita lebih emosional tidak lagi relevan.

FYI, hipokampus merupakan bagian dari sistem limbik pada otak yang bertugas dalam pengolahan memori. Selain itu, dia juga turut berperan dalam mengatur emosi.

Baca Juga: Ada Bahaya di Balik Memendam Emosi

Sebelumnya ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ukuran hipokampus wanita lebih besar daripada pria. Hal itu kemudian menjadi pembenaran soal wanita lebih emosional.

Ilustrasi konselor pria. (Unsplash/NordWood Themes)
Ilustrasi konselor pria. (Unsplash/NordWood Themes)

Namun, penelitian Rosalind Franklin menembukan fakta berbeda. Sebanyak 15 wanita dan 15 pria menjadi responden. Mereka lalu ditunjukkan beragam video untuk melihat reaksi atau respon yang muncul.

Ditemukan banyak perbedaan saat setiap responden menyaksikan video lucu, bahagia, hingga mengharukan. Hasil paling menonjol adalah lebih kuatnya efek psikologis yang dialami pria. Ternyata, justru pria lebih emosional dibanding wanita.

Baca Juga: Girls, Jangan Begini Saat Kamu Barusan Putus

Kondisi itulah yang kemudian menjadi bukti dan  mematahkan asumsi bahwa wanita lebih emosional ketimbang pria.

 

 

Artikel ini sudah dipublikasikan sebelumnya di HiMedik.com dengan judul Ternyata Pria Lebih Emosional daripada Wanita lho! Ini Buktinya

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI