Lifestyle

Minuman Soda Melancarkan Haid, Mitos atau Fakta?

Mau minum soda tapi takut bikin haid nggak lancar. Atau malah sebaliknya?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Menikmati minuman soda. (Unsplash/João Silas)
Menikmati minuman soda. (Unsplash/João Silas)

Dewiku.com - Banyak orang bilang kalau minuman soda bisa melancarkan haid. Namun, hal ini masih menimbulkan perdebatan. Benarkan demikian?

Sebenarnya belum ada penelitian medis yang membuktikan bahwa mengonsumsi minuman bersoda dapat membikin haid lebih lancar. Namun, soda sendiri merupakan minuman tinggi gula yang pada dasarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Soda juga termasuk minuman berkafein yang malah dapat memperburuk gejala PMS. Perempuan yang rutin mengonsumsi minuman bersoda mengalami gejala PMS lebih dari biasanya jika dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi soda sama sekali.

Ilustrasi menuangkan minuman soda. (Unsplash/Artem Bali)
Ilustrasi menuangkan minuman soda. (Unsplash/Artem Bali)

Tidak hanya itu, konsumsi minuman tinggi kafein bisa mempengaruhi kadar estrogen dan meningkatkan risiko kanker endometrium.

Duh, bukannya melancarkan haid, minuman soda ternyata malah berbahaya.

Menikmati minuman soda. (Unsplash/Jamakassi)
Menikmati minuman soda. (Unsplash/Jamakassi)

Nah, jika kamu mengalami menstruasi yang tidak lancar sebaiknya langsung hubungi dokter. Jangan termakan informasi-informasi yang belum jelas kebenaran dan asal usulnya, ya.

Kesimpulannya, anggapan minuman soda bisa melancarkan haid hanyalah sebuah mitos. Justru kandungan kafein dalam soda akan membuat gejala PMS menjadi lebih parah, seperti kram, pusing, dan lainnya.

 

Artikel ini sudah dipublikasikan di HiMedik.com dengan judul Soda Bikin Menstruasi Lancar, Benarkah?

Berita Terkait

Berita Terkini