Bisa Bikin Gemuk, Waspada saat Pakai 5 Produk Ini

Lebih cermat lagi, ya. Ternyata ada beberapa produk sehari-hari yang bisa bikin gemuk.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 06 Oktober 2018 icon 13:25 WIB
Bisa Bikin Gemuk, Waspada saat Pakai 5 Produk Ini

Ilustrasi produk bisa bikin gemuk. (Pxabay)

Menjalani gaya hidup sehat memang identik dengan menggunakan produk berkualitas tinggi yang mahal harganya. Bukan hanya urusan bahan makanan, produk berkualitas tinggi juga mencakup barang-barang yang kita pakai sehari-hari. Eiits, meskipun produk tersebut mahal, tapi tetap saja ada bahaya yang mengintai.

Menurut dr.Blumberg asal Amerika, bahan-bahan yang sering dipakai sehari-hari rentan bersinggungan dengan bahan kimia yang mempengaruhi kerja hormon, sehingga bisa jadi pemicu kegemukan alias bisa bikin gemuk.

Salah satu bahan kimia yang paling sering ditemui adalah endocrine disruptive obesogens. Lalu, dalam produk apa saja bahan kimia ini ditemukan? Yuk, simak di bawah ini.

Baca Juga: Tren Kecantikan Korea Terbaru, Cuci Muka Pakai Air Soda

Ilustrasi alat masak. (Pexels/Ela Haney)
Ilustrasi wajan anti lengket. (Pexels/Ela Haney)

Wajan anti lengket

Kalian pasti sangat familiar dengan produk yang satu ini. Sering dielu-elukan sebagai terobosan paling mutakhir, wajan anti lengket ternyata bisa jadi pemicu kegemukan, lho.

Salah satu komposisi dalam bahan anti lengket, yakni yang bernama endocrine disruptive obesogens berpotensi mengganggu kerja sistem hormon dalam tubuh.

Baca Juga: Kesalahan Rutinitas Skincare Pagi yang Harus Segera Dihentikan

Kemasan makanan instan

Endocrine disruptive obesogens juga dapat ditemui dalam kemasan makanan instan, salah satunya popcorn siap masak yang dimasukkan dalam microwave.

Kemasan siap masak tersebut mengandung bahan yang mencegah minyak masuk, termasuk obesogenic. Ngeri ya?

Botol Plastik

Kalian sering minum dengan menggunakan botol plastik? Sebaiknya segera beralih pada botol kaca. Plastik yang digunakan untuk botol kemasan biasanya mengandung bahan kimia yang bisa bikin gemuk.

Mirip dengan kasus wajan anti lengket dan kemasan instan, botol plastik juga mengandung endocrine disruptive obesogens yang dapat memicu kegemukan.

Ilustrasi minum air putih / pixabay.com
Ilustrasi botol plastik. (Pixabay)

Skincare

Produk perawatan wajah yang mengandung parabens sangat merugikan kesehatan, lho. Salah satunya adalah kenaikan berat badan!

Jika ingin merasa aman saat memakai produk skincare, selalu pastikan produk tersebut bebas parabens. Oke, Girls? Agak repot sih, tapi demi alasan kesehatan, why not?

Pasta gigi

Pernah dengar pasta gigi yang mengandung triclosan? Sebenarnya triclosan berfungsi sebagai anti bakteri yang sangat baik untuk pasta gigi. Namun, menggunakan triclosan secara terus menerus ternyata dapat menyebabkan kegemukan.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung daun sirih. Daun sirih termasuk juga bahan alami yang terkenal sebagai anti bakteri.

Baca Juga: Cantik Butuh Modal, Model Ini Habiskan Puluhan Juta demi Skincare

Itulah 5 produk sehari-hari yang ternyata dapat memicu kegemukan alias bisa bikin gemuk. Bagaimana menurutmu?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI