Mitos tentang Teh yang Perlu Kamu Tahu, Apa Saja?

Ternyata teh susu itu nggak memberikan dampak buruk, kok.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 08 Oktober 2018 icon 12:44 WIB
Mitos tentang Teh yang Perlu Kamu Tahu, Apa Saja?

Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)

Teh menjadi salah satu minuman yang populer di dunia ini. Selain berbagai khasiat yang sudah terbukti nyata, nggak jarang kita mendengarkan beberapa mitos tentang teh. Apa saja mitos seputar teh yang perlu kamu tahu?

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa minum teh secara teratur dapat mengurangi risiko alzheimer dan diabetes. Selain itu, juga bisa memperkuat gigi, gusi, dan tulang. Namun, nggak semua yang kita dengar tentang teh itu benar.

Ada beberapa mitos tentang teh yang perlu diketahui. Apa saja, ya?

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat dari Teh Hitam

1. Teh peppermint bisa mengobati rasa sakit perut

Kita mungkin sering mendengar jika teh peppermint bisa menenangkan perut yang sakit. Namun, itu bukan menjadi pilihan yang terbaik.

Untuk beberapa orang, teh peppermint pada umumnya dapat memperparah GERD. Jadi, jika kamu sedang mengalami sakit perut, disarankan mengganti pilihan teh peppermint menjadi teh jahe.

Baca Juga: Rosella, Teh dengan Segudang Manfaat

Ilustrasi teh peppermint. (Pexels)
Ilustrasi teh peppermint. (Pexels)

2. Teh tidak punya waktu kadaluwarsa

Jika kamu masih beranggapan teh tidak mempunyai waktu kadaluwarsa, mulai sekarang ubah mindset itu, ya. Teh tetap mempunyai waktu kadaluwarsa dan memiliki masa penyimpanan sekitar kurang lebih 6 bulan. Setelah itu, teh mulai kehilangan antioksidan.

Cara menjaga kandungan antioksidan di dalam teh adalah dengan menyimpan teh dalam wadah tertutup di tempat yang gelap dan sejuk.

3. Teh susu tidak ada manfaat sehatnya

Ada sebuah penelitian terbaru yang menyangkal teori tersebut. Penelitian itu menyatakan bahwa jumlah katekin yang sama dengan antioksidan bisa menurunkan risiko penyakit serius, seperti kanker.

Risiko tersebut bisa diserap dari teh dengan susu maupun teh tanpa susu.

Ilustrasi minum teh. (Unsplash/Drew Coffman)
Ilustrasi minum teh. (Unsplash/Drew Coffman)

4. Teh hijau lebih sehat daripada teh hitam

Teh hijau memang sangat terkenal dengan kasiat kesehatannya. Namun, teh hitam mempunyai efek besar dalam penurunan berat badan. Pada dasarnya, teh hijau dan teh hitam sama-sama mengandung antioksidan yang banyak dan bermanfaat.

Itulah beberapa mitos tentang teh yang perlu kamu tahu. Mana yang masih kamu percaya?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI