Ternyata Ini Manfaat dari Teh Hitam

Banyak sekali manfaat teh hitam, terutama untuk kesehatan tubuh.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 03 September 2018 icon 20:38 WIB
Ternyata Ini Manfaat dari Teh Hitam

Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)

Teh hitam ditemukan di Cina sekitar 4000 tahun yang lalu. Teh hitam menjadi salah satu yang paling populer untuk dikonsumsi. Bukan tanpa alasan, manfaat teh hitam memang sangat banyak.

Teh ini mempunyai antioksidan dan fitonutrien yang bisa membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh sehingga punya efek menyehatkan tubuh. Teh hitam pun mempunyai kandungan kafein yang lebih rendah dari pada kopi.

Ada banyak manfaat dari teh hitam, terutama manfaat untuk kesehatan. Cek di bawah ini yuk untuk mengetahui apa saja manfaat dari teh hitam.

Baca Juga: 5 Hal Wajib Dilakukan sebelum Tidur

1. Bisa menurunkan berat badan

Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)
Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)

Salah satu solusi untuk kamu yang sedang menjalani diet sehat. Rutin mengonsumsi teh hitam dapat membantu menurunkan berat badan jika selaras dengan gaya hidup sehat dan olahraga yang teratur.

2. Menurunkan kolestrol

Baca Juga: Rosella, Teh dengan Segudang Manfaat

Gaya hidup yang nggak sehat menjadi penyebab utama kadar kolestrol di dalam tubuh meningkat. Kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan penyakit lainnya.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi teh hitam secara rutin dapat menurunkan kadar kolestrol hingga 11,1%. Masih ragu dengan manfaat teh hitam?

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)
Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)

Semakin bertambahnya usia, kekuatan tulang semakin menurun. Nah, salah satu kandungan di dalam teh hitam diklaim merupakan pengganti kalsium. Jadi, bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang.

4. Menurunkan risiko kanker rahim

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Salah satu kandungan di dalam teh hitam yaitu theaflavin diklaim bisa menghambat pertumbuhan sel ovarium. Jika ingin mencegah, mengonsumsi teh hitam secara rutin sangat dianjurkan.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)
Ilustrasi teh hitam. (Unsplash)

Teh hitam mempunyai kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Disarankan meminum tiga cangkir teh hitam per hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI