Perlu Tahu, Sarapan Oatmeal Bisa Atasi Sembelit

Sembelit memang suka bikin sulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 08 Oktober 2018 icon 16:29 WIB
Perlu Tahu, Sarapan Oatmeal Bisa Atasi Sembelit

Oatmeal. (Unsplash)

Nampaknya semua orang setuju kalau konstipasi atau sembelit adalah masalah yang menyebalkan. Perut jadi tidak nyaman dan nafsu makan menurun drastis. Kalau kamu sering mengalami sembelit, ada baiknya mulai sekarang jadikan oatmeal sebagai menu sarapan.

Oatmeal merupakan biji gandum yang diproses dengan cara digiling menjadi bahan makanan yang mengandung sejumlah manfaat kesehatan. Cara penyajian oatmeal pun beragam, bisa diseduh pakai susu, ditambah madu maupun diberi potongan buah.

Selama ini oatmeal dikenal luas sebagai makanan sehat untuk lansia dan mencegah penyakit jantung. Namun selain itu, oatmeal ternyata juga bisa merangsang pergerakan usus karena tingginya kandungan serat di dalamnya.

Baca Juga: Ternyata Menu Sarapan Menggambarkan Kepribadian Kamu

Hal itu menyebabkan oatmeal sangat cocok untuk dikonsumsi bagi mereka yang punya masalah sembelit.

Ilustrasi oatmeal. (Pexels)
Ilustrasi oatmeal. (Pexels)

Oatmeal sangat kaya serat tidak larut dan mengonsumsi makanan kaya serat adalah salah satu cara alami terbaik untuk mengatasi sembelit.

Diperkirakan setiap cangkir oatmeal mengandung sekitar 4 g serat, di mana 2 g adalah serat tidak larut. Serat inilah yang mampu melawan sembelit.

Baca Juga: Satu Scoop Es Krim di Pagi Hari Bisa Bikin Tambah Pintar

Serat tidak larut yang ada di oatmeal masuk ke sistem pencernaan, bercampur dengan tinja keras, dan akan melunakkannya. Proses ini memungkinkan tinja untuk keluar dari sistem pencernaan dengan mudah.

Serat juga akan menyerap cairan yang kita minum sehingga membantu pergerakan limbah pada usus besar dengan lebih baik. Selain itu, tingginya kadar serat dalam oatmeal juga akan mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh dengan efektif.

Oatmeal juga merupakan sumber fosfor, magnesium, zinc, thiamin, selenium, mangan, dan besi. Maka dari itu, dianjurkan mengonsumsi semangkuk oatmeal setiap hari untuk sarapan.

Baca Juga: Yang Perlu Dikonsumsi Saat Susah BAB

Nah, membaca penjabaran di atas, sudah tidak ragu lagi kan untuk sarapan oatmeal saat terkena sembelit? Namun selain rutin makan oatmeal, pastikan juga untuk memperbanyak asupan air minum dan rutin berolahraga demi merangsang pergerakan usus menjadi lebih baik dan masalah sembelit pun jarang menghantui.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI