Manfaat Terapi Air, Berenang Bisa Bantu Atasi Depresi

Tertarik mencoba terapi berenang untuk mengatasi stres?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 09 Oktober 2018 icon 16:03 WIB
Manfaat Terapi Air, Berenang Bisa Bantu Atasi Depresi

Berenang. (Unsplash)

Ternyata berenang bisa bantu atasi depresi, lho. Penelitian ini diterbitkan dalam British Medical Journal Case Reports.

Mereka mencoba meneliti seorang wanita dengan kecemasan dan depresi parah. Wanita tersebut berenang di air dingin. Ia melakukan aktivitas tersebut secara rutin dan merasa gejala depresi serta kecemasannya mulai turun.

Studi kasus ini bertujuan untuk meneliti terapi air terbuka untuk mengobati depresi. Berenang di air dingin akan ada peningkatan tekanan darah, laju pernapasan, dan hormon stres yang mulai dilepaskan.

Baca Juga: Tips agar Kulit Tidak Hitam usai Berenang

Ternyata nggak hanya berenang saja, cukup dengan berendam di air dingin dalam suhu 15 derajat Celcius, maka respon stres juga akan berkurang.

Berenang. (Unsplash)
Berenang. (Unsplash)

Berenang di air dingin sebagai terapi kejut yang akan memicu betaendorphin dan noradrenalin di otak. Kejutan dari air dingin hampir mirip dengan terapi kejut listrik.

Sejumlah listrik bergerak dari ujung saraf kulit untuk mencapai otak. Mereka menyentak sistem untuk meningkatkan tingkat energi, kejelasan, dan kewaspadaan. Reaksi ini dapat memiliki efek yang menguntungkan dan mengurangi depresi.

Baca Juga: Tips Aman Melindungi Kulit saat Berenang

Peneliti Universitas Osaka menemukan fakta bahwa mandi air dingin memiliki efek positif dalam menurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon stres. Air dingin menyebabkan pembuluh darah mengencang dan meningkatkan sirkulasi darah dari permukaan tubuh ke inti untuk menghemat panas.

Berenang. (Unsplash)
Berenang. (Unsplash)

Ketika darah mengalir ke otak dan organ vital lain di dalam tubuh, ada sirkulasi oksigen yang membantu detoksifikasi, membuat tubuh merasa rileks, dan lebih berenergi.

Itulah mengapa berenang bisa membantu atasi depresi. Tertarik mencoba terapi ini?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI