Mengenal Emotional Breakdown yang Dialami Selena Gomez

Jangan pernah remehkan perasaan orang lain walaupun terlihat sepele.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 12 Oktober 2018 icon 13:18 WIB
Mengenal Emotional Breakdown yang Dialami Selena Gomez

Selena Gomez. (Instagram/@selenagomez)

Baru-baru saja publik dikejutkan dengan kabar Selena Gomez mengalami emotional breakdown untuk kedua kalinya dalam kurun waktu sebulan. Sebagian dari kamu mungkin bakal bertanya-tanya, memangnya apa itu emotional breakdown?

Emotional breakdown atau yang lebih sering dikenal dengan kekalutan mental merupakan suatu keadaan di mana jiwa seseorang mengalami kekacauan dan kebingungan sehingga ia merasa tak berdaya.

Saat merasakan kekalutan mental, orang bersangkutan artinya sedang mengalami kejatuhan mental dan tak tahu apa yang mesti dilakukan. Jika dibiarkan begitu saja, bisa menyebabkan orang tersebut menjadi tak waras lagi atau gila.

Baca Juga: Coach Tunjuk Michael B Jordan Sebagai Bintang Iklan Pria Pertama

Itulah mengapa orang-orang yang sedang mengalami kekalutan mental harus mendapatkan dukungan moril dari orang-orang terdekat dan lingkungan sekitarnya.

Selena Gomez dengan gaya rambut layer. (Instagram/@selenagomez)
Selena Gomez. (Instagram/@selenagomez)

Ada beberapa sebab timbulnya kekalutan mental, antara lain kepribadian yang lemah, konflik sosial kehidupan yang tak bisa diterima, dan batin yang tidak kuat.

Secara sederhana, kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi. Akibatnya, yang bersangkutan bertingkah laku secara kurang wajar. 

Baca Juga: Fashion Monokrom versi Selena Gomez, Nggak Pernah Mati Gaya!

Gejala-gejala orang yang mengalami emotional breakdown atau kekalutan mental di antaranya sering merasakan pusing, sesak napas, demam, dan nyeri lambung. Selain itu, mereka juga mudah merasakan rasa cemas, ketakutan, patah hati, cemburu, dan gampang marah.

Meskipun begitu, bukan berarti kekalutan mental tidak bisa dicegah. Caranya, kamu harus memantapkan tujuan hidup, termasuk keseimbangan antara kemampuan dan harapan.

Kita juga sangat disarankan selalu menanamkan pikiran positif saat memecahkan persoalan. Berpikir jauh ke depan tentu tidak akan menjadi suatu hal mengerikan jika kita melihatnya secara optimis.

Selena Gomez dengan gaya rambut berponi. (Instagram/@selenagomez)
Selena Gomez. (Instagram/@selenagomez)

Cara terpenting untuk menghindar dari emotional breakdown adalah berkomunikasi dengan orang lain. Berkomunikasi lah dengan seseorang yang membuat kita menghilangkan perasaan mengganggu dan bisa memberikan petunjuk untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi. 

Jika kamu menyadari bahwa telah mengalami beberapa gejala mental breakdown atau kekalutan mental, akan jauh lebih baik jika kamu menemui ahli, yaitu psikiater.

Selain dengan psikiater, kita juga bisa berbicara dengan teman akrab atau keluarga dekat yang dapat kita percaya. Berbagi masalah dan bertukar pikiran lumayan efektif untuk meringankan beban.

Dikabarkan, emotional breakdown yang dialami Selena Gomez merupakan dampak dari berbagai masalah yang dia hadapi, mulai dari masalah kesehatan hingga percintaan.

Selena Gomez memang telah melakukan transplantasi ginjal dan sempat mengalami komplikasi. Setelah masalah pemulihan yang sulit, perempuan 26 tahun ini masih harus menghadapi masalah percintaan yang kompleks dengan Justin Bieber.

Saat ini, Selena Gomez juga tengah menjalani Dialectical Behaviour Therapy atau DBT. Metode terapi ini dirancang untuk mengidentifikasi dan mengubah pemikiran negatif serta pola perilaku seseorang.

Baca Juga: Cantik dan Seksi, 7 Potret Hailey Baldwin Pakai Gaun Putih

Bagi Selena Gomez dan semua orang yang sedang mengalami emotional breakdown, semangat berjuang untuk bangkit kembali, ya. Pasti bisa!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI