Hikam Abdul Manan, Tukang Tahu Idola Emak-Emak

Selalu tampil necis dengan memakai jas dan dasi, bikin tahu Enjoy-nya laku keras.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 17 Oktober 2018 icon 15:41 WIB
Hikam Abdul Manan, Tukang Tahu Idola Emak-Emak

Hikam Abdul Manan. (Facebook/Hikam Abdul Manan)

Hikam Abdul Manan mempunyai hobi pakai jas lengkap dengan dasi dan kemeja sambil jualan tahu keliling di kawasan Jembatan Hitam, Cijujung, Sukaraja, Bogor. Gaya uniknya itu membuat ia menjadi tukang tahu idola emak-emak yang membeli dagangannya.

Pria yang baru berusia 19 tahun ini, mengungkapkan memang ada maksud tersendiri di balik penampilannya. Dia memakai kemeja agar tampil beda dari penjual lain sehingga menarik minat pembeli

Hikam sudah tiga tahun ini berjualan tahu. Namun, baru delapan bulan terakhir dia mengenakan kemeja.

Baca Juga: Kenapa Kita Harus Kerja Keras di Usia Muda? Ini Alasannya!

Pria asal Bandung ini pun mengaku jika penampilan anti mainstream tersebut mendapatkan respons positif. Rata-rata pembelinya juga menyatakan salut dengan Hikan karena masih muda namun sudah mau usaha dan kerja keras.

Hikam Abdul Manan. (Facebook/Hikam Abdul Manan)
Hikam Abdul Manan. (Facebook/Hikam Abdul Manan)

Hikam mengaku tidak malu berjualan tahu. Menurutnya, lebih baik bekerja apa saja asal halal dan jujur, tidak merugikan orang lain.

Bisnis tahu 'Enjoy' dirintis Hikam secara kecil-kecilan. Resep tahu andalannya ini adalah tahu keju yang dibuat berdasarkan risetnya sendiri.

Baca Juga: Kerja Keras Bagai Kuda, Ini Tandanya Kamu Butuh Liburan Segera!

Setelah 3 tahun berjalan, kini dia bisa menyewa tempat produksi dan karyawan. Tukang tahu idola emak-emak ini keren, kan?

Hikam Abdul Manan. (Facebook/Hikam Abdul Manan)
Hikam Abdul Manan. (Facebook/Hikam Abdul Manan)

Dalam sehari, omzet tahu Enjoy bisa mencapai Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Uang hasil jualan kemudian ditabung dan tentunya digunakan untuk biaya kebutuhan sehari-hari.

Hikam mengaku bersyukur sudah bisa menghasilkan pendapatan sendiri tanpa minta uang lagi ke orang tua. Soal jas, saat ini dia baru punya dua, tapi siapa tahu bakal bertambah lagi seiring berkembangnya bisnis tahu keju.

Baca Juga: Pekerja Keras, Zodiak Ini Butuh Liburan Segera!

Saat ini, Hikam ingin fokus memajukan bisnisnya. Tukang tahu idola emak-emak ini pun berharap bisa mendapatkan tambahan modal. Dia ingin memiliki tempat usaha sendiri dan tidak menyewa lagi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI