Selalu Bingung Mau Makan Apa? Ternyata Ini Alasannya

Jangan marah kalau dia suka bingung mau makan apa. Ada faktor psikologisnya, lho.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 17 Oktober 2018 icon 16:18 WIB
Selalu Bingung Mau Makan Apa? Ternyata Ini Alasannya

Suka makanan manis. (Unsplash/Court Prather)

Siapa yang punya kebiasaan bingung mau makan apa? Ternyata, ada faktor psikologis di balik fenomena ini. Istilahnya adalah choice overload, yakni kondisi di mana seseorang merasa bingung saat dihadapkan pada terlalu banyak pilihan.

Teori ini menyebutkan, semakin banyak pilihan yang ada, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan. Bahkan, tidak jarang pula seseorang menjadi tidak memilih apapun karena sanking pusing dengan semua pilihan yang ada.

Choice overload tidak hanya terjadi saat mengambil keputusan yang berkaitan dengan makanan. Baru-baru ini, ada penelitian di California yang fokus menguji choice overload.

Baca Juga: Inilah Alasan Orang Lapar Lebih Mudah Marah

Menyantap makanan manis. (Unsplash/Vlad Deep)
Menyantap makanan manis. (Unsplash/Vlad Deep)

Dilansir dari Sains Daily, penelitian ini dilakukan oleh California Institute of Technology. Beberapa orang mendapat cangkir gratis yang dibalut gambar pemandangan. Syaratnya, mereka harus memilih gambar mana yang ingin dicetak di atas cangkir. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan jumlah pilihan gambar yaitu 6, 12, dan 24.

Ketika sedang memilih gambar, partisipan dipasangkan alat Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI) untuk merekam aktivitas otak. Melalui alat ini, ditemukan bahwa ada dua bagian otak yang paling aktif saat para partisipan memilih gambar yaitu Anterior Cingulate Cortex (AAC) yang bertugas mempertimbangkan keputusan, serta striatum yang bertanggung jawab untuk menilai suatu benda.

Ilustrasi makanan enak. (Pexels/Helena Lopes)
Ilustrasi makanan enak. (Pexels/Helena Lopes)

Hasil rekaman otak tersebut menunjukkan fungsi AAC dan striatum terlihat paling aktif saat partisipan disodorkan pada 12 pilihan gambar. Sedangkan titik terendah terjadi saat diberikan 24 pilihan gambar.

Baca Juga: Bikin Lapar, Kreasi Tas Unik Ini Terinspirasi dari Makanan Lezat

Baca Juga: Ternyata Makanan Ini Dipercaya Bisa Bikin Bahagia, Lho!

Eksperimen ini menunjukkan bahwa semakin banyak pilihan yang disajikan di depan mata, akan semakin rendah hasrat untuk menjatuhkan pilihan. Hal ini jugalah yang terjadi saat bingung mau makan apa karena harus menentukan satu di antara daftar menu yang panjang. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI