Apakah Yoga Efektif Membakar Kalori? Ini Jawabannya

Yoga rupanya tidak kalah dengan latihan aerobik.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 19 Oktober 2018 icon 15:25 WIB
Apakah Yoga Efektif Membakar Kalori? Ini Jawabannya

Ilustrasi gerakan yoga. (Unsplash/Marion Michele)

Yoga dikenal sebagai salah satu olah tubuh dengan banyak gerakan peregangan. Jika selama ini kamu berpikir yoga hanya dapat melenturkan tubuh, kamu salah. Sebab melakukan gerakan yoga dengan sepenuh hati dan bertenaga juga membakar kalori seperti olahraga lainnya.

Dilansir dari Healthline, gerakan yoga yang aktif dan intens dapat membakar sebagian besar kalori yang membantu mencegah penambahan berat badan. Ashtanga, vinyasa, dan yoga kekuatan adalah contoh dari jenis yoga yang efektif membakar kalori.

Vinyasa dan power yoga biasanya dilakukan di studio yoga panas. Yoga jenis ini membuatmu bergerak hampir terus-menerus, sehingga bisa membakar kalori.

Baca Juga: Berpikir Ternyata Dapat Membakar Kalori

Berlatih restorative yoga juga dapat membantu mengembangkan kekencangan otot dan meningkatkan metabolisme.

Restorative yoga disebut juga dengan yin atau yoga lembut yang dikhususkan bagi orang-orang yang pulih dari cidera.

Latihan yoga. (Unsplash/Rima Kruciene)
Latihan yoga. (Unsplash/Rima Kruciene)

Meskipun restorative yoga bukanlah jenis yoga fisik, namun tetap membantu dalam penurunan berat badan. Sebuah studi menemukan bahwa restorative yoga efektif dalam membantu wanita yang kelebihan berat badan untuk menurunkan berat badan, termasuk lemak perut.

Baca Juga: Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu soal Face Paper

Tinjauan studi lain di tahun 2013 juga menemukan bahwa yoga adalah cara yang menjanjikan untuk membantu perubahan perilaku, penurunan berat badan, dan pemeliharaan tubuh dengan membakar kalori, meningkatkan kesadaran, serta mengurangi stres. Faktor-faktor ini dapat membantumu mengurangi asupan makanan dan menjadi sadar akan efek dari makan berlebih.

Lalu seberapa sering kita harus melakukan yoga untuk menurunkan berat badan?

Jawabannya berlatihlah yoga sesering mungkin untuk menurunkan berat badan. Kamu dapat melakukan latihan yang lebih aktif dan intens setidaknya tiga hingga lima kali seminggu selama minimal satu jam.

Kalau kamu seorang pemula, mulailah secara perlahan dan bertahap. Hal ini memungkinkanmu untuk membangun kekuatan, fleksibilitas serta mencegah cedera.

Yoga/Pexels.com
Yoga. (Pexels)

Jika tidak punya waktu untuk kelas penuh pada hari-hari tertentu, lakukan latihan sendiri setidaknya selama 20 menit di rumah. Lalu biarkan tubuh beristirahat satu hari penuh setiap minggu.

Sebagai bagian dari rutinitas, hindari membebani dirimu langsung setelah kelas yoga, terutama jika kelas yoga panas. Hal itu karena kamu mungkin akan kehilangan banyak air dan dehidrasi.

Baca Juga: 4 Manfaat Yoga untuk Kecantikan

Biar tidak bosan dan hasil penurunan berat badan lebih nyata, gabungkan latihan yoga dengan kegiatan lain seperti berjalan, bersepeda, atau berenang untuk menambah manfaat kardiovaskular.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI