Baru Berusia 18 Tahun, Kalya Anjani Jadi Wisudawati Termuda ITB

Rupanya tidak mudah untuk jadi wisudawati termuda.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 20 Oktober 2018 icon 12:56 WIB
Baru Berusia 18 Tahun, Kalya Anjani Jadi Wisudawati Termuda ITB

Kalya Anjani. (ITB)

Biasanya seorang mahasiswa bakal lulus dari bangku perguruan tinggi pada usia 20 tahunan. Tapi tidak dengan Kalya Anjani. Perempuan ini berhasil menjadi wisudawati termuda dari Institut Teknologi Bandung (ITB) saat masih berusia 18 tahun.

Gadis berkacamata yang menempuh program studi Manajemen di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB ini tepatnya lulus di usia 18 tahun 11 bulan.

Kalya Anjani diketahui masuk ITB pada tahun 2015 lalu dan mampu menyelesaikan masa studinya di ITB dalam waktu tiga tahun.

Dikutip dari laman resmi ITB, perempuan yang punya nama panjang Kalyana Anjani Samardhya ini lahir di Jakarta, 28 Oktober 1999 silam.

Kalya bercerita bahwa dirinya sudah masuk Sekolah Dasar (SD) saat berumur 4 tahun dan mengambil program akselerasi pada jenjang SMA untuk mempercepat waktu tempuh pendidikannya saat itu.

Kalya Anjani. (Instagram/@kalya_anja)
Kalya Anjani. (Instagram/@kalya_anja)

Lulus SMA di usia muda tak membuatnya bersantai, Kalya langsung melanjutkan pendidikannya ke ITB. Menjadi mahasiswa termuda di ITB rupanya menemui hambatan tersendiri. Salah satunya, terkait persoalan adaptasi.

Kalya mengaku sempat tidak percaya diri saat melihat kepintaran teman-teman kampus yang usianya lebih tua. Ia berpikir bahwa umurnya yang terlalu muda menjadi kelemahan.

Selain itu, kondisi perkuliahan ITB yang padat membuatnya agak syok. Sebab, dirinya tidak pernah pulang di atas pukul 6 sedari SMP dan SMA. Tapi begitu masuk kuliah, langsung pulang pukul 10 malam.

''Bahkan waktu itu aku pernah sakit tifus dan harus diopname dan bedrest selama sebulan, tapi aku memohon – mohon ke dokternya biar cuma sebulan diopnamenya dan sisanya rawat jalan biar bisa ikut UAS,'' tutur Kalya yang terlihat selalu bersemangat.

Kalya Anjani. (Instagram/@kalya_anja)
Kalya Anjani. (Instagram/@kalya_anja)

Namun, seiring berjalannya waktu, dia mulai bisa beradaptasi dan mulai menyadari bahwa umur bukan menjadi penghalang untuk terus mengejar mimpi dan gelar.

''Serap semua, saring yang butuh. Kalau ada yang ngasih saran atau opini ambil aja dulu, siapa tahu bisa berguna bagi ke depannya. Kalau enggak, ya sudah, enggak ada ruginya, kok. Untuk mahasiswa yang terlalu muda seperti aku, pakailah leap time kalian untuk belajar lebih banyak dan menjadi lebih baik,'' pesan Kalya, dikutip dari laman ITB.

Perjuangan selama tiga tahun akhirnya berbuah manis. Kalya Anjani dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar S.Mn yang disahkan pada tanggal 20 Oktober. Wah ,selamat, ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI