Fakta Menarik Cleopatra, Wanita Paling Berpengaruh di Mesir Kuno

Tak hanya terkenal cantik, Cleopatra juga populer karena kecerdasannya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 23 Oktober 2018 icon 12:41 WIB
Fakta Menarik Cleopatra, Wanita Paling Berpengaruh di Mesir Kuno

Ilustrasi zaman Mesir Kuno. (Unsplash/Jeremy Bishop)

Cleopatra dikenal sebagai wanita paling berpengaruh dalam sejarah peradaban Mesir Kuno. Ia masih menjadi sosok misterius di mata dunia. Ada beberapa fakta menarik tentang Cleopatra yang mungkin kamu belum tahu.

Ratu Mesir ini bernama asli Cleopatra Thea Philopathora. Lahir pada 69 SM, Cleopatra meninggal di usia 39 tahun. Dikutip dari laman MSN, nama Cleopatra mengandung arti 'kemuliaan ayah', Thea berarti 'dewi', dan Philopathora bermakna 'kecintaan ayahnya'.

Dikatakan bahwa Cleopatra adalah anak dari hasil perkawinan inses atau hubungan antar saudara. Orang tua Cleopatra diyakini adalah kakak beradik.

Baca Juga: Rahasia Kecantikan 5 Wanita Tercantik dalam Sejarah

Pada zaman kuno, sudah jadi hal yang biasa bagi bangsawan untuk menikahi kerabatnya demi menjaga kemurnian garis keturunan. 

Ilustrasi zaman Mesir Kuno. (Unsplash/Jeremy Bishop)
Ilustrasi zaman Mesir Kuno. (Unsplash/Jeremy Bishop)

Cleopatra merupakan penguasa terakhir dari Dinasti Ptolemic yang memimpin Mesir setelah Raja Alexander II. Cleopatra adalah pemimpin paling terkenal di antara garis keturunannya.

Sebelum meninggal, ayahnya memilih anak-anaknya Cleopatra dan Ptolemy XXI sebagai pemimpin Mesir yang baru. Mengikuti tradisi dinastinya, Cleopatra menikahi adik laki-lakinya sendiri, yang kala itu masih berusia 15 tahun.

Baca Juga: Unik, Inilah 4 Fakta Menarik tentang Orang Kidal

Didorong ambisi memerintah kerajaannya sendiri, Cleopatra berperang melawan suami pertamanya, Ptolemy XIII. Dibantu oleh Julius Caesar, ia berhasil memenangkan peperangan dan membunuh salah satu adiknya itu di sebuah sungai.

Ternyata pada zamannya, Cleopatra tak pernah terkenal karena kecantikannya. Ia justru lebih populer karena kepintarannya.

Cleopatra adalah seorang ahli strategi dan administrator. Ia juga sangat berpendidikan. Cleopatra bahkan dikatakan bisa berbicara dalam 12 bahasa, sangat berbudaya, dan pandai berdiplomasi.

Ilustrasi zaman Mesir Kuno. (Unsplash/Oscar Sylwan)
Ilustrasi zaman Mesir Kuno. (Unsplash/Oscar Sylwan)

Cleopatra menikah dengan Julius Caesar setelah semua adik kandungnya terbunuh. Dia kemudian diasingkan dari Mesir. Dari pernikahan keduanya, lahir seorang putra bernama Caesarion.

Hubungan Cleopatra dan Julius Caesar adalah sebuah skandal. Pasalnya, Julius Caesar diketahui hanyalah bawahan Cleopatra.

Ratu yang kini malah dikenal karena kecantikannya ini pernah menjadi salah satu wanita terkaya pada masanya. Diperkirakan jumlah kekayaannya bernilai sekitar USD 100 miliar jika dihitung dengan kurs saat ini.

Itulah fakta menarik tentang Cleopatra, wanita yang berpengaruh di dalam sejarah peradaban Mesir Kuno dan punya beberapa skandal besar juga.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI