Girls, Ini Trik Menekan Nafsu Makan Biar Nggak Kalap Saat Diet

Diet akan berhasil jika kamu bisa menekan nafsu makan.

By: Agung Pratnyawan icon Minggu, 28 Oktober 2018 icon 13:49 WIB
Girls, Ini Trik Menekan Nafsu Makan Biar Nggak Kalap Saat Diet

Ilustrasi diet. (Unsplash)

Diet, kata ini sangat familiar di telinga kita. Awalnya diet dipakai untuk mengatur pola makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, namun belakangan ini diet identik dengan menurunkan berat badan. Lalu, apakah diet selalu menyiksa? Jawabannya tidak. Masih ada banyak cara diet yang masuk akal dan nggak nyiksa, salah satunya dengan menekan nafsu makan.

Banyak pakar yang mengatakan jika diet bukan hanya berurusan dengan porsi yang sedikit dan penghitungan jumlah kalori. Diet juga berkaitan dengan mengatur waktu dan menekan nafsu makan. Jadi, buat kamu yang sedang diet dan ingin menekan nafsu makan, ikuti trik dari DewiKu berikut ini.

Ilustrasi makanan. (Unsplash)
Ilustrasi makanan. (Unsplash)

 

Baca Juga: Simak Girls, Ini Cara Diet Terbaik untuk Zodiak yang Moody

Jangan sambil melakukan selingan

Jika kamu sedang makan, sebaiknya fokus pada makanan yang ada di hadapanmu dan jangan melakukan kegiatan selingan ketika makan. Sebuah studi mengatakan jika seseorang makan sambil melakukan hal lain dapat membuatnya mengkonsumsi kalori yang lebih banyak. Hal ini terjadi karena dia nggak sadar, sudah seberapa banyak makanan yang dia lahap ketika disambi menonton film atau di depan laptop.

Makan siang di meja kerja. (Pinterest)
Makan siang di meja kerja. (Pinterest)

 

Baca Juga: Tips Body Goals ala Dewi Sanca, Hindari Obat Diet!

Jangan pantang pada makanan

Jika kamu sedang diet, jangan pernah melakukan pantangan pada makanan. Hal ini hanya memberi dampak balas dendam padamu. Lebih baik kamu mengubah mindset tentang makanan terlarang menjadi "reward akhir pekan". Kamu sah-sah saja menikmati makanan favoritmu, asal nggak sering dan nggak kalap.

Ilustrasi makanan enak. (Pexels/Anete Lusina)
Ilustrasi makanan enak. (Pexels/Anete Lusina)

 

Terapkan mindful eating

Baca Juga: Terbukti Sukses, Inilah Rahasia Diet Aurel Hermansyah

Mindful eating atau fokus pada makanan sangat berpengaruh pada rasa kenyang lho. jadi, saat kamu makan sebaiknya lakukan kegiatan ini secara 'sadar' alias menggunakan pikiran, emosi, dan perasaan untuk merasakan makanan tersebut. Dengan begini, tubuh jadi punya waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak sehingga kita bisa cepat merasa kenyang tanpa harus makan berlebihan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI