Fakta Alexandria Ocasio-Cortez, Wanita Termuda di Kongres Amerika

Muda, cerdas dan peduli sesama.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 08 November 2018 icon 17:37 WIB
Fakta Alexandria Ocasio-Cortez, Wanita Termuda di Kongres Amerika

Alexandria Ocasio-Cortez. (Instagram/@ocasio2018)

Baru-baru ini, netizen memperbincangkan seorang wanita bernama Alexandria Ocasio-Cortez. Sebab, ia menjadi wanita termuda yang berhasil menduduki kursi anggota kongres Amerika Serikat.

Wanita asal Puerto Rico tersebut baru berusia 29 tahun. Ia terpilih untuk jadi anggota kongres Amerika Serikat (AS) mewakili distrik 14 New York. Bahkan dia berhasil mengalahkan kandidat Republik Anthony Pappas yang merupakan seorang profesor Universitas St. John!

Namun pencapaiannya itu tidak ia dapatkan dengan mulus, butuh kisah hidup berliku yang ditempuh. Dilansir dari Businessinsider, berikut 5 fakta mengenai Alexandria Ocasio-Cortez.

Baca Juga: Ini Penampakan Baju Geisha yang Fenomenal Gara-Gara Halloween

1. Bukan berasal dari keluarga yang kaya

Alexandria tidak punya latar belakang keluarga kaya maupun yang sudah terjun ke dunia politik. Ibunya, Ocasio-Cortez yang berasal dari Puerto Rico, mencari nafkah sebagai cleaning service sedangkan ayahnya yang warga Bronx Selatan, menjalankan sebuah bisnis kecil.

Sepeninggal ayahnya, ia dan sang ibu berjuang untuk mempertahankan rumah mereka dari penyitaan.

Baca Juga: Bukan Korea Selatan, Ini 5 Negara yang Sering Operasi Plastik

2. Jadi pramusaji

Selepas lulus dari Boston University, Alexandria Ocasio-Cortez selalu membantu ekonomi keluarganya dengan bekerja di sebuah restoran dengan menjadi seorang pramusaji. Saat dalam masa kampanye kongres pun, ia masih bekerja sebagai waitress dan bartender.

3. Mematahkan rekor

Kemenangan Alexandria Ocasio-Cortez dalam pemilu mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang Elise Stefanik dari Partai Republik yang kala itu berusia 30 tahun.

4. Menolak sponsor

Ocasio-Cortez menjalankan kampanye tanpa adanya donasi atau dana dari perusahaan manapun. Dilaporkan kalau Ocasio-Cortez berhasil mendapatkan dana lebih dari USD 300,000 dan keseluruhannya berasal dari kontributor dengan kurang lebih USD 200 dan rata-rata kontribusi kampanye hanya sebesar USD 18.

Padahal calon lainnya yang kalah, yaitu Crowley, mengumpulkan dana jutaan dolar.

5. Humanis

Sosoknya dengan cepat menjadi suara nasional karena seruan-seruannya untuk sistem layanan kesehatan yang universal dan memperjuangkan semua anak untuk bisa kuliah dengan gratis.

Dia juga fokus pada penghapusan Immigration and Customs Enforcement (ICE) yang akhir-akhir ini banyak mendeportasi imigran tanpa dokumen resmi di AS.

Baca Juga: Departement Store Mewah Ini 'Tutup Usia' setelah 123 Tahun

Itulah tadi fakta mengenai Alexandria Ocasio-Cortez. Sosok yang inspiratif banget, kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI