Tips Biar Tidak Boros saat Belanja Bulanan

Biar tidak tersiksa menunggu gajian selanjutnya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 13 November 2018 icon 20:18 WIB
Tips Biar Tidak Boros saat Belanja Bulanan

Ilustrasi belanja bulanan. (Unsplash/Frankie Cordoba)

Saat awal bulan dan baru saja gajian, rasanya pasti gatal untuk segera belanja bulanan ke supermarket. Namun terkadang melihat promo yang ditawarkan, budget bisa membengkak. Hasilnya? Uang di dompet pun menipis dan tersiksa menunggu gajian berikutnya.

Nah, biar hal itu tak terjadi lagi, berikut Dewiku punya cara biar tidak boros saat belanja bulanan. Yuk, simak!

1. Tulis daftar belanja

Untuk menghindari belanja yang tidak-tidak, coba tulis apa saja barang yang harus dibeli sebelum pergi belanja. Selain biar tidak bolak-balik belanja, adanya catatan serta perkiraan biaya akan menjadi pengingat tersendiri supaya tidak terlalu boros.

2. Hindari menggunakan kartu kredit

Bawalah uang tunai secukupnya untuk menekan keinginanmu belanja berlebihan. Coba mulai sekarang kira-kira berapa jumlah uang yang dibutuhkan atau buat saja budget tersendiri. Tentunya budget tersebut harus kamu patuhi, ya.

Ilustrasi belanja bulanan. (Unsplash/Joshua Rawson-Harris)
Ilustrasi belanja bulanan. (Unsplash/Joshua Rawson-Harris)

3. Tidak tergiur promo

Produk diskon dan promo sering bikin gatal tangan untuk mengambilnya. Tapi hati-hati, jangan sampai kamu membeli tanpa pertimbangan. Cermati dahulu promo yang ditawarkan. Apakah benar-benar lebih murah dan kamu butuhkan.

4. Belanja di tempat langganan

Berbelanja di tempat langganan ternyata bisa jadi cara jitu menghemat uang, lho. Sebab kita sudah hafal letak barangnya, jadi tidak harus berputar-putar dan menghabiskan waktu untuk mencari satu barang.

Terkadang, ketika berputar-putar itulah kita tidak sengaja melihat barang lain di luar catatan belanja dan tergoda untuk membelinya. Tentu hal ini akan membuat belanjaan kamu membengkak.

Itulah 4 cara mudah agar tidak boros saat belanja bulanan. Semoga berhasil!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI