Lifestyle

Menutup Dudukan Toilet dengan Tisu Sebelum Dipakai? Bahaya!

Hal yang tampak higienis ini rupanya tidak dianjurkan.

Agung Pratnyawan | Yasinta Rahmawati

Tisu toilet. (Pixabay)
Tisu toilet. (Pixabay)

Dewiku.com - Saat bepergian, ke tempat wisata maupun mall, tentunya kita tidak bisa berharap selalu menemukan toilet yang bersih. Maka dari itu banyak yang memilih menutup dudukan toilet dengan tisu sebelum memakainya.

Cara yang tampak higienis ini diyakini bisa melindungi tubuh dari kontak langsung antara pantat dengan kuman yang ada menempel di kloset.

Tapi ternyata cara itu salah besar. Dengan menaruh lembaran tisu di dudukan kloset justru meningkatkan risiko terpapar lebih banyak bakteri.

Sebab kertas atau tisu toilet memiliki tekstur kasar dan dirancang untuk menjadi penyerap. Oleh sebab itu, tisu toilet menjadi media yang sempurna bagi bakteri untuk bertengger.

Selain itu, di kebanyakan toilet umum, tisu toilet biasanya ditempatkan persis di samping kloset, sehingga orang mudah meraih dan mengambilnya.

Ditambah setiap kali kamu menekan tombol penyiram (flush), maka berjuta-juta kuman yang mengerikan dari lubang kloset juga akan berhamburan ke udara dan tersebar ke seluruh ruangan. Bukan tidak mungkin semua bakteri itu juga berpindah ke gulungan tisu toilet. Hiiii....

Ilustrasi toilet. (Pixabay.com)
Ilustrasi toilet. (Pixabay.com)

Sebaliknya, kloset duduk memang telah dirancang khusus untuk mengatasi hal-hal buruk seperti itu.

Dilansir dari Self, Philip Tierno seorang ahli kesehatan dari New York University mengatakan bahwa dudukan toilet memang sengaja didesain untuk mengusir bakteri.

Bentuk dan permukaan dudukan kloset yang halus, membuatnya menjadi sangat sulit untuk ditempeli kuman.

Penelitian menemukan, dudukan kloset di toilet umum rata-rata lebih bersih daripada kebanyakan tempat cuci piring di rumah, restoran atau tempat lain. Selain itu, dudukan toilet juga dikatakan lebih bersih ketimbang papan pemotong di dapur serta spons pencuci.

Jadi dengan kata lain, ketika kamu melapisi dudukan kloset dengan tisu toilet, maka kamu sedang duduk di atas kuman-kuman jahat tersebut. Jangan lakukan lagi ya.

Namun jika kamu masih sedikit khawatir, Philip Tierno menyarankan untuk mencuci tangan dengan benar setelah buang air kecil atau besar di toilet umum. Plus, jangan menyentuh hidung, mata, mulut, atau luka terbuka apa pun sampai kamu mencuci tangan.

Berita Terkait

Berita Terkini