Kendalikan Emosimu, Begini Caranya Hadapi Tukang Gosip di Kantor

Kamu lelah dijadikan bahan gosip di kantor?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 21 November 2018 icon 13:19 WIB
Kendalikan Emosimu, Begini Caranya Hadapi Tukang Gosip di Kantor

Ilustrasi gosip di kantor. (Unsplash/Mimi Thian)

Punya rekan kerja tukang gosip memang menyebalkan. Semuanya bisa dijadikan bahan gosip, bahkan kamu yang mungkin notabene adalah teman dekatnya. Jadi, bagaimana caranya menghadapi tukang gosip di kantor?

''Berhati-hatilah dengan siapa kamu percaya. Jika seseorang berbicara tentang orang lain kepadamu, mereka pasti akan mendiskusikan tentangmu dengan orang lain juga,'' ungkap Joshua Miller, Amazon Best Selling Author, Learning & Talent Development dalam LinkedIn.

Saat melakukan penelitian tentang gosip di kantor, Joshua menyebut ada dampak baik bagi karir seseorang. Setidaknya kamu jadi tahu apa saja hal yang sedang ramai dibahas di kantor, bahkan menjadikannya bahan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Sayangnya, lebih banyak gosip beracun ketimbang gosip terpuji yang mendukung jaringan sosial dan bisnis bersama. 

Ilustrasi gosip. Pixabay/geralt)
Ilustrasi gosip. Pixabay/geralt)

Menurut Joshue, beberapa orang bergosip karena mereka menikmatinya atau sebenarnya merasa tidak aman tentang orang lain di tempat kerja sehingga menjadikan gosip untuk melindungi diri. Banyak juga tukang gosip yang murni demi cari perhatian.

Nah, berikut adalah beberapa cara menghadapi tukang gosip di kantor.

1. Jangan berpartisipasi, katakan sesuatu yang positif saja 

Jangan memberi sinyal atau tanda kalau kamu tertarik mendengar gosip murahan. Lagi pula, bukankah  sebenarnya tidak menyenangkan jika kamu menyebar berita negatif yang menyerang teman lainnya?

Lebih baik katakan saja hal positif tentang orang yang sedang dijadikan bahan gosip dan mengubah arah obrolan.

''Jika kamu seorang pendengar, kamu adalah seorang rekan si tukang gosip. Dengan kata lain, tindakanmu yang aktif mendengarkan itu benar-benar membuat si tukang gosip eksis,'' kata Joshua.

Ilustrasi gosip di kantor. (Shutterstock)
Ilustrasi gosip di kantor. (Shutterstock)

2. Adukan si tukang gosip

Ini mungkin agak berisiko. Namun, tidak ada salahnya kamu berbuat berani demi menghentikan gosip yang semakin tidak jelas arahnya.

Bilang kepada kepada si tukang gosip kalau kamu siap menanyakan kebenaran gosip yang dia sebarkan kepada orang yang dijadikan sasaran gosip. Si tukang gosip barangkali akan berpikir dua kali untuk menyebarkan gosip, menarik perkataannya, atau juga minta maaf.

''Semakin banyak kamu mendengarkan, semakin kamu mendukungnya. Jika kamu tidak mendengarkan, gosip tidak punya tempat dan dia akan pergi,'' ujar Joshua.

Itulah sedikit tips menghadapi tukang gosip di kantor. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Jadi Bahan Gosip di Kantor? Ini Cara Hempaskan si Tukang Gosip

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI