Siap-Siap Harbolnas 2018, Kamu Wajib Baca Tips Ini

Belanja online juga mesti cerdas.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 06 Desember 2018 icon 11:05 WIB
Siap-Siap Harbolnas 2018, Kamu Wajib Baca Tips Ini

Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Brooke Lark)

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tinggal menghitung hari. Kamu yang hobi belanja online pasti sangat menanti-nanti promo besar-besaran setiap 12 Desember (12/12).

Hanya saja, barang diskon pasti tidak hanya jadi incaran kamu. Mungkin sebelumnya kamu pernah berakhir gigit jari karena barang incaran sudah keburu ludes ketika check out.

Nah, biar tidak terulang lagi, berikut beberapa tips menghadapi euforia Harbolnas 2018.

Baca Juga: Suka Bazar, Ayu Dewi Tak Gengsi Beli Barang Bekas

1. Daftarkan Diri di Situs Belanja Online Incaran

Hal pertama yang sering bikin kita kehabisan barang saat Harbolnas adalah lamanya proses transaksi. Hal itu umumnya karena kamu belum punya akun yang terdaftar di situs belanja online tertentu sehingga mesti log in atau sign in terlebih dahulu sebelum check out.

Jadi, lebih baik buat akun di situs-situs belanja online incaran sekarang juga. Pastikan data diri dan alamat pengiriman sudah lengkap dan benar, ya. Tujuannya tentu agar nantinya lebih mudah bertransaksi.

Baca Juga: Hobi Belanja Online, Begini Tips Hemat ala Andra Alodita

Teman belanja. (Unsplash/rawpixel)
Teman belanja. (Unsplash/rawpixel)

2. Cek Harga Barang Incaran sebelum Harbolnas

Beberapa toko atau situs belanja online tertentu mungkin bertindak nakal dengan memanipulasi harga. Jadi saat Hari Belanja Online Nasional, mereka sengaja menaikkan harga sebelum kemudian memberikan diskon besar.

Biar tidak tertipu, cek dulu harga barang yang kamu inginkan jauh-jauh hari. Bandingkan juga dengan situs belanja online lainnya.

3. Masukkan Barang Incaran dalam Wishlist

Jangan lupa juga simpan barang incaran dalam wishlist. Kamu yang hobi belanja online pasti tahu kalau hampir setiap situs belanja online memiliki fitur ini.

Jadi saat hari H, kamu tidak perlu lagi repot mencari barang yang diinginkan dari awal. Begitu Harbolnas dimulai, langsung saja masuk ke wishlist dan check out barang yang diinginkan dari keranjang wishlist.

Ilustrasi belanja bulanan. (Unsplash/Frankie Cordoba)
Ilustrasi belanja bulanan. (Unsplash/Frankie Cordoba)

4. Gunakan Metode Pembayaran Paling Praktis dan Cepat

Bukan cuma jaringan internet saja yang mesti dipikirkan, metode pembayaran saat check out barang juga penting. Disarankan menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit.

Jika tidak punya kartu kredit, jangan cemas. Beberapa marketplace kini juga telah terintegrasi dengan layanan dompet digital yang bisa diisi saldo, seperti Tokopedia dengan OVO atau Bukalapak dengan Dana.

5. Berburu Kupon atau Voucher Diskon

Selain memanfaatkan promo situs belanja online seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee, kamu juga bisa berburu penawaran menarik dari situs penyedia lainnya seperti ShopBack.

Caranya mudah. Cukup masuk ke website ShopBack, lalu pilih situs belanja online atau marketplace yang diinginkan. Setiap transaksi yang dilakukan melalui e-commerce ini bakal menambahkan voucher atau cashback sehingga kamu bisa lebih hemat.

 

Baca Juga: Jangan Kalap, Baca Dulu 5 Tips Berburu Diskon Harbolnas

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Jelang Harbolnas 2018, Ini Beberapa Tips yang Perlu Anda Perhatikan

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI