Girls, Perhatikan Hal Ini sebelum Minum Suplemen Tambahan!

Beberapa vitamin justru berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 07 Desember 2018 icon 20:05 WIB
Girls, Perhatikan Hal Ini sebelum Minum Suplemen Tambahan!

Ilustrasi suplemen. (Pexels)

Kebutuhan yang berkaitan dengan asupan nutrisi setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati sebelum memutuskan minum suplemen tambahan.

Agar tidak berakibat fatal, yuk, simak hal apa saja yang harus kamu perhatikan.

Pahami kebutuhan tubuh

Baca Juga: Tips Diet Sukses, Kenali Nutrisi Makanan dari Warnanya

Tahukah kamu, vitamin yang paling umum dijumpai seperti vitamin C dan E ternyata nggak bisa sembarangan diminum, lho. Sebaiknya lihat dulu kebutuhan tubuhmu, apakah benar membutuhkan suplemen berupa vitamin tambahan atau hanya latah ikut-ikutan yang lain? Utamanya untuk ibu yang sedang mengandung, benar-benar tidak bisa sembarangan. 

Ilustrasi tubuh sempurna. (Unsplash/Yarden)
Ilustrasi kebutuhan tubuh. (Unsplash/Yarden)

Perhatikan dosisnya

Jika kamu sudah tahu suplemen apa yang dibutuhkan untuk tubuh, maka menentukan dosis yang tepat adalah hal penting kedua yang harus kamu garis bawahi.

Baca Juga: Vitamin C Jeruk Jeju, Rahasia Kecantikan Perempuan Korea

Jika kamu membeli suplemen secara bebas, perhatikan label kemasan secara seksama. FYI, nutrisi seperti vitamin A, D, E dan K bisa menyebabkan masalah serius jika dikonsumsi secara berlebihan.

Ilustrasi kapsul vitamin e. (Pixabay)
Ilustrasi vitamin E. (Pixabay)

Pilih waktu yang tepat

Nggak semua suplemen baik diminum sebelum tidur, beberapa ada yang efektif dikonsumsi saat pagi hari. Jadi, sebelum memutuskan minum suplemen tambahan, ada baiknya kamu memilih waktu yang tepat.

Contoh, vitamin B dan suplemen vitamin lain yang mengandung tyrosine lebih baik dikonsumsi di pagi hari, karena bisa memberi energi. Sedangkan suplemen berupa vitamin, magnesium, kalsium, 5HTP, hingga theanine dapat memberi perbaikan dan menenangkan tubuh, sehingga lebih bagus dikonsumsi sebelum tidur.

Baca Juga: Mudah Banget, Ini Tips Atasi Kantung Mata dengan Minyak Zaitun

Tidur menyamping. (Unsplash/Gerry Pappas)
Ilustrasi minum suplemen sebelum tidur. (Unsplash/Gerry Pappas)

Itulah deretan hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum minum suplemen tambahan. Semoga informasi ini bisa membantu kamu, ya. Selamat menjalani hidup sehat, Girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI