Hujan Bikin Cepat Lapar, Ini Solusi Ampuhnya

Tips spesial dari dr.Reisa Broto Asmoro, nih.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 13 Desember 2018 icon 13:16 WIB
Hujan Bikin Cepat Lapar, Ini Solusi Ampuhnya

Dokter cantik, dr. Reisa Broto Asmoro. (Suara.com/Ade)

Belakangan ini, hujan semakin sering turun. Ada yang setuju jika hujan bikin cepat lapar? Itulah mengapa musim hujan bikin resah mereka yang berniat diet. Lalu, bagaimana solusinya?

Hujan memang paling pas dinikmati bersama semangkuk mie instan atau camilan-camilan yang bisa dikunyah terus sambil menonton televisi. Namun, jika kamu tidak melawan nafsu makan seperti itu, jelas bakal gagal diet.

Tenang, dr.Reisa Broto Asmoro punya solusinya. Menurut dia, lapar muncul dari kamuflase rasa haus. Jadi, akan lebih baik jika kita minum segelas air saat merasa lapar. Jika masih kurang kenyang, minum segelas lagi.

Baca Juga: Multifungsi, Siapkan Essential Oil Ini saat Musim Hujan

''Tapi kalau memang lapar banget, ya mau nggak mau memang makan solusinya,'' ujar dr. Reisa, seperti dilansir dari Suara.com, Rabu (12/12/2018) kemarin.

Ilustrasi perempuan sangat lapar. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan sangat lapar. (Shutterstock)

Perubahan cuaca memang membuat suhu tubuh menurun, menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Akibatnya, tubuh bakal mencari cara untuk menambah panas dan makan adalah salah satu solusinya.

Lalu bagaimana kita menjaga pola makan agar tidak menjadi liar di musim hujan?

Baca Juga: Bisa Menghangatkan Tubuh, Jaket Tebal Ini Gunakan Baterai Khusus

Cepat lapar saat musim hujan. (Shutterstock)
Cepat lapar saat musim hujan. (Shutterstock)

''Makan itu kebiasaan kita kan, tiga kali sehari, ya. Nah, tiga kali makan utama itu dipecah porsinya menjadi lima kali makan dalam sehari. Misal, roti 2 tangkap dan jus buah untuk sarapan pagi. Rotinya makan 1 sisi saja, sisi satunya bisa buat dimakan jam 10, lalu lanjut makan siang. Misal nasi ayam bakar plus sayur, itu dibelah dua saja untuk sore jam 4,'' jelas dr.Reisa.

Siang harus makan banyak karena takut lemas?

Baca Juga: Biar Nggak Kucel, Ini Tips Wajah Flawless saat Musim Hujan

''Ya sudah, makan banyak, deh. Namun makan sore jam 4 dikurangi atau diganti makanan ringan, misal puding tanpa gula, roti, dan sebagainya. Begitu juga sampai malam yang jam 7 malam,'' ujar dr.Reisa menyarakan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI