Ternyata 4 Kebiasaan Buruk Ini Punya Efek Bagus untuk Tubuh

Masa sih kebiasaan buruk bisa berdampak bagus untuk tubuh?

By: Rauhanda Riyantama icon Minggu, 16 Desember 2018 icon 19:24 WIB
Ternyata 4 Kebiasaan Buruk Ini Punya Efek Bagus untuk Tubuh

Ilustrasi mengunyah permen karet.(Unsplash/Nick McMillan)

Biasanya kebiasaan buruk dianggap mempunyai efek negatif untuk tubuh. Tapi ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang punya efek bagus untuk tubuh. Masa sih?

Kira-kira kebiasaan buruk apa saja ya yang sebenarnya memberikan efek bagus untuk tubuh? Penasaran? Cek di bawah ini yuk!

1. Minum kopi

Baca Juga: Kamu Harus Waspada, 4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Picu Selingkuh

Bukan menjadi rahasia lagi jika terlalu banyak minum kopi dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Namun berdasarkan penelitian, minum minimal dua gelas kopi dalam sehari dapat mencegah parkinson, alzaimer, diabetes, kanker hati, dan meningkatkan ingatan.

Barista kopi di cofee shop. (Unsplash/Nathan Dumlao)
Barista kopi di cofee shop. (Unsplash/Nathan Dumlao)

 

2. Tidur

Baca Juga: Susah Tidur Nyenyak? Hentikan 4 Kebiasaan Buruk Ini

Ternyata tidur di sela-sela aktivitas bukan menjadi tanda kamu seorang yang pemalas atau tukang tidur. Sebab tidur selama 10-20 menit saat istirahat di tengah-tengah aktivitas dapat mengembalikan semangatmu. Tidur siang bisa digunakan untuk merefresh otak dan membuat otak bekerja lebih baik.

3. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet berpotensi membawa beragam manfaat untuk kesehatan, antara lain memperbaiki memori, meyegarkan bau napas, mengurangi kebiasaan merokok, bahkan bisa membantu mengurangi berat badan.

Ilustrasi mengunyah permen karet.(Unsplash/Karina Miranda)
Ilustrasi mengunyah permen karet.(Unsplash/Karina Miranda)

 

4. Gelisah

Salah satu kebiasaan buruk yang ternyata punya efek bagus untuk tubuh adalah rasa gelisah. Gelisah bisa dikategorikan sebagai kegiatan thermogenesis, yaitu kegiatan kecil yang dilakukan sepanjang hari dan bisa membakar kalori.

Baca Juga: Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bikin Wanita Susah Berkembang

Ketika menggerakan kaki, mengetuk meja, dan semua aktivitas yang kamu lakukan saat sedang gelisah mempunyai peran penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI