Gagal Jadi Miss Universe, Finalis Kolombia Dapat Predikat Ratu Palsu

Kekalahan Valeria Morales sering dikaitkan dengan aksi bullying saat proses pemilihan Miss Universe.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 19 Desember 2018 icon 13:42 WIB
Gagal Jadi Miss Universe, Finalis Kolombia Dapat Predikat Ratu Palsu

Finalis Kolombia. (Instagram/@valeriamoralesd)

Ajang kontes kecantikan dunia, Miss Universe 2018, baru saja usai dengan menobatkan perwakilan Filipina, Catriona Gray sebagai ratu kecantikan sejagat. Dibalik gegap gempita pemilihan itu, ada fakta menarik tentang finalis asal Kolombia yang kemudian dihujat oleh penggemar Miss Universe di negara asalnya.

Ratu palsu, begitulah sebutan baru yang disematkan pada Valeria Morales ketika gagal menjaga tongkat estafet Filipina sebagai tiga besar di ajang pemilihan Miss Universe selama tiga tahun terakhir.

Pada 2014, finalis Kolombia berhasil menjadi juara pertama dan meraih mahkota sebagai Miss Universe. Selanjutnya tahun 2015, finalis Filipina kembali menorehkan prestasi dengan terpilih sebagai juara ketiga.

Baca Juga: Kenalan dengan Tamaryn Green yuk, Runner Up Miss Universe 2018

Pada tahun 2017, Miss Kolombia tembus menjadi juara kedua. Tentu saja ini menjadi beban yang berat bagi Valeria Morales. Dia harus memberikan penampilan terbaik agar bisa meneruskan tradisi tersebut.

Finalis Kolombia. (Instagram/@valeriamoralesd)
Finalis Kolombia. (Instagram/@valeriamoralesd)

Sayangnya, Valeria bahkan tidak bisa masuk 20 besar sebagai ratu paling cantik sedunia. Fakta ini membuat warga Kolombia kecewa.

Valeria kemudian dihujat melalui media sosial. Sebutan ratu palsu tidak bisa dielakkan, hingga dia menutup tombol komentar di akun Instagramnya pada postingan terakhir.

Baca Juga: Masuk Top 20 Miss Universe 2018, Ini 5 Potret Sonia Fergina

Buntutnya, kekalahan Valeria dikaitkan dengan keterlibatan dirinya dalam aksi bullying yang diduga dilakukan oleh beberapa finalis soal kemampuan bahasa Inggris finalis lainnya yang dianggap buruk.

Finalis Kolombia. (Instagram/@valeriamoralesd)
Finalis Kolombia. (Instagram/@valeriamoralesd)

Dalam sebuah rekaman yang beredar di media sosial, Valeria dan finalis dari USA dan Australia terlibat percakapan nyinyir bernada merendahkan kemampuan bahasa Inggris finalis dari Asia.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Catriona Gray, Juara Miss Universe 2018

Akibatnya, gadis yang menempuh pendidikan di Amerika Serikat ini jadi bahan nyinyiran netizen. Banyak yang kemudian mengaitkan aksi nyinyir itu dengan kekalahannya dalam Miss Universe 2018. Padahal, sebagai imigran yang hidup di Amerika, Valeria kerap kali menyuarakan toleransi dan rasa saling menghargai antar sesama.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI