Waduh, Hobi Nonton Drama Romantis Bisa Memicu Depresi

Drama romantis memang suka bikin kecanduan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 22 Desember 2018 icon 12:19 WIB
Waduh, Hobi Nonton Drama Romantis Bisa Memicu Depresi

Drama romantis berjudul 'Encounter'. (Instagram/@tvndrama.official)

Drama romantis memang menarik untuk diikuti. Rasanya kamu jadi mudah terbawa suasana, bahkan sampai menghayal menjadi pemeran utama. Sayangnya, ternyata hobi menonton drama romantis disebut bisa menjadi pemicu depresi. Kenapa?

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dala Journal Mass Communication and Society menjelaskan kebiasaan menonton drama romantis bisa memengaruhi kesehatan mental.

Post Binge Watch Depression (PBWD) merupakan istilah untuk mereka yang mengalami gangguan mental akibat terlalu larut dalam drama yang ditonton.

Baca Juga: Kena Fotofobia, Model ini Tak Bisa Tinggalkan Kamar Tidurnya

Kebiasaan menonton drama bahkan dapat merusak hubungan seseorang di dunia nyata. Alasannya simpel, mereka tanpa sadar sering membandingkan kehidupan nyata dengan yang ada di drama.

Drama romantis berjudul 'Familiar Wife'. (Instagram/@justin_jisung)
Drama romantis berjudul 'Familiar Wife'. (Instagram/@justin_jisung)

Seorang Life Counselor bernama Ann Rice mengatakan, tayangan drama romantis pada dasarkan hanya menipu penonton. Secara tidak langsung, skenario memang dibuat untuk memanipulasi setiap orang yang menontonnya.

Drama kebanyakan menggambarkan kehidupan sempurna yang sebenarnya tidak ada. Itu mirip dengan media sosial yang menjadi ajang untuk tampil sempurna.

Baca Juga: Mitos tentang Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Tahu

Itulah yang kemudian dikhawatirkan dapat menjadi pemicu depresi. Pada akhirnya, orang akan sangat kecewa ketika tidak bisa mendapatkan kehidupan yang seindah dalam drama.

Ilustrasi perempuan menonton drama romantis. (Unsplash/Andrew Neel)
Ilustrasi perempuan menonton drama romantis. (Unsplash/Andrew Neel)

Ann Rice kemudian menyatakan jika menonton drama sebenarnya sah-sah saja. Drama romantis juga bisa menghilangkan rasa lelah dan menghibur setelah seharian bekerja.

Namun, jangan sampai kamu menghabiskan semua waktumu dengan kegiatan itu. Tonton program-program lain juga seperti gaya hidup sehat.

Selain itu, pastikan untuk tidak duduk selama berjam-jam di depan laptop. Sesekali kamu juga mesti bergerak, berdiri, atau berjalan-jalan di sela sesi menonton drama. Intinya, jangan lupa untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat.

Jadi, siapa yang ini yang hobinya menonton drama romantis? 

 

Baca Juga: Ini Bahaya Terus Menatap Layar Ponsel, Bikin Cepat Tua!

Sumber : HiMedik.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI