Alternatif Pengganti Gula yang Bisa Kamu Coba

Katanya sih lebih sehat.

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 26 Desember 2018 icon 07:58 WIB
Alternatif Pengganti Gula yang Bisa Kamu Coba

Gula. (Pixabay)

Hampir setiap hari kita mengonsumsi gula, baik dalam campuran masakan, minuman, hingga dessert. Tidak mesti dihindari, tapi gula merupakan bahan makanan yang harus diwaspadai asupannya dalam tubuh. Biar lebih sehat, kamu bisa mulai mengonsumsi pengganti gula berikut ini.

1. Madu

Pengganti gula yang berasal dari lebah ini memberikan kandungan potassium sebesar 132 miligram untuk tubuh dan kaya akan antioksidan. Rajin mengonsumsi madu justru tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh.

Baca Juga: Campuran Ketumbar dan Madu Efektif Usir Jerawat, Mau Coba?

Daun stevia. (Pixabay)
Daun stevia. (Pixabay)

2. Stevia

Pengganti gula alami yang memiliki nama ilmiah Stevia rebaudiana ini katanya tidak memiliki pengaruh negatif terhadap kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus.

Kabar baiknya, stevia tidak memiliki kandungan gula alias nol kalori sehingga tidak bikin gemuk.

Baca Juga: Kaya Vitamin C, Ayo Bikin Toner Kiwi di Rumah!

3. Sirup maple

Terbuat dari getah pohon maple yang telah dimasak, kaya akan antioksidan, kalsium, zat besi, mangan, dan seng. Namun karena masih memiliki molekul gula, jangan mengonsumsinya secara berlebihan ya.

Sirup maple. (Pixabay)
Sirup maple. (Pixabay)

4. Gula kelapa

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan 6 Bahan Alami

Gula kelapa disebut juga dengan gula aren. Gula yang berasal dari ekstrak buah kelapa ini mengandung beberapa nutrisi, seperti kalsium, zat besi, antioksidan, dan kalium. Selain itu di dalamnya terdapat inulin, sejenis serat yang berfungsi untuk meperlambatan penyerapan zat gula atau glukosa sehingga kadar gula lebih stabil.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI