Kesepian Memuncak di Umur Ini dan Mulai Menjadi Masalah

Ini menurut para ahli.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 30 Desember 2018 icon 20:09 WIB
Kesepian Memuncak di Umur Ini dan Mulai Menjadi Masalah

Ilustrasi perempuan merasa kesepian. (Pixabay)

Rasa kesepian normal dilanda oleh banyak orang. Namun menurut sebuah penelitian terbaru, sebenarnya mungkin ada periode waktu tertentu dalam hidup ketika kesepian memuncak dan menjadi masalah.

Dilansir dari Elite Daily, menurut CNN, para peneliti menemukan bahwa tampaknya ada tiga waktu penting dalam hidup seseorang ketika kesepian menjadi masalah, yakni akhir 80-an, pertengahan 50-an, dan akhir 20-an.

Seperti yang dilaporkan CNN, para peneliti percaya data mereka akan menunjukkan bahwa rasa kesepian meningkat begitu saja seiring bertambahnya usia seseorang. Hal itu mengingat seiring bertambahnya usia, mereka menjadi lebih sendirian.

Baca Juga: Nggak Mau Kesepian, 4 Zodiak Ini Tak Bisa Sendirian

Namun Dr. Dilip Jeste, penulis senior dalam studi ini dan timnya agak terkejut ketika data mengungkapkan dua puncak kesepian lainnya, terutama yang tampaknya terjadi pada akhir usia 20-an seseorang.

Perempuan kesepian. (Pixabay)
Perempuan kesepian. (Pixabay)

Menurut Dilip, ada teori potensial di balik umur tersebut. Sebab di akhir 20-an, sering kali menjadi periode pengambilan keputusan besar yang kerap membuat stres dan merasa tidak lebih baik dari orang lainnya.

Untuk lebih jelasnya, seperti yang dikatakan Dilip kepada CNN, kesepian tidak selalu berarti tidak dikelilingi oleh teman dan orang yang dicintai selama 24/7 atau bahwa tidak memiliki sistem pendukung yang baik. Ini lebih terkait dengan keadaan pikiran.

Baca Juga: Kesepian, Wanita Ini Tidak Punya Teman Lebih dari Satu Dekade

''Satu hal yang perlu diingat adalah kesepian itu subjektif. Kesendirian tidak berarti sendirian; kesepian bukan berarti tidak punya teman. Kesepian didefinisikan sebagai tekanan subjektif,'' kata Dilip.

Ilustrasi kesepian / pixabay.com
Ilustrasi kesepian. (Pixabay)

Penasihat dan pakar hubungan David Bennett menyarankan agar menemukan dan mempertahankan hubungan jangka panjang di akhir usia 20-an dan awal 30-an untuk mengatasi rasa kesepian tersebut.

Baca Juga: Awas, Kelamaan Jomblo Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

''Mempertahankan persahabatan secara murni selama periode ini sangat penting dalam hal merasa kurang kesepian,'' tambahnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI