Inovasi Baru, Kini Lensa Kontak Bisa Didaur Ulang

Bisa diubah menjadi barang baru.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 17 Januari 2019 icon 11:17 WIB
Inovasi Baru, Kini Lensa Kontak Bisa Didaur Ulang

Lensa kontak. (Shutterstock)

Dua dari 10 pemakai lensa kontak di Inggris mengaku membuangnya ke toilet atau wastafel. Meski berukuran kecil, lensa kontak bekas rupanya turut menyumbang penumpukan limbah plastik cukup besar.

Karena hal tersebut, muncul inovasi baru di mana pemakai dapat mendaur ulang lensa kontak mereka secara gratis di seluruh Inggris.

Dilansir dari BBC, skema ini merupakan kolaborasi antara produsen medis Johnson & Johnson Vision dan perusahaan daur ulang TerraCycle.

Baca Juga: Suruh Bridesmaid Pakai Lensa Kontak, Pengantin Wanita Ini Dikecam Netizen

Sebelumnya, jika pelanggan ingin mendaur ulang lensa kontak dan kemasan mereka, mereka harus menggunakan layanan daur ulang berbayar yang sangat mahal.

Ilustrasi menggunakan lensa kontak. (Pixabay/Geralt)
Ilustrasi menggunakan lensa kontak. (Pixabay/Geralt)

Kini lebih dari 3,7 juta pengguna lensa kontak di Inggris dapat mengakses skema, terlepas dari merek apa yang mereka gunakan. Skema ini juga menawarkan daur ulang untuk kemasan blister dan foil.

''Tujuh puluh tujuh persen pemakai lensa kontak Inggris mengatakan mereka akan mendaur ulang lensa kontak mereka jika mereka bisa dan kami berbagi minat mereka dalam mengurangi jumlah plastik di lingkungan,'' kata Sandra Rasche, Wakil Presiden Area di Johnson & Johnson Vision.

Baca Juga: Ngeri! Gara-Gara Lensa Kontak, Gadis Ini Buta Mendadak

Perusahaan itu menambahkan, lensa lama dapat diubah menjadi produk baru termasuk furnitur outdoor atau kayu plastik.

Baca Juga: Modis, Susi Pudjiastuti Pakai Blazer dari Limbah Plastik

Pemakai dapat membuang limbah lensa kontak mereka di tempat-tempat pengantaran umum, yang ditawarkan oleh Boots Opticians dan toko independen terpilih lainnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI