Hillary Yip, Gadis 13 Tahun Ini Sudah Jadi CEO Keren

Kecil-kecil sudah jadi bos. Mantul!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 23 Januari 2019 icon 17:21 WIB
Hillary Yip, Gadis 13 Tahun Ini Sudah Jadi CEO Keren

Hillary Yip, CEO perusahaan berusia 13 tahun. (Instagram/@minormynas)

Gadis remaja berusia 13 tahun asal Hong Kong bernama Hillary Yip berhasil mematahkan stigma umur bukan takaran sukses. Di usianya yang masih sangat belia, Hillary Yip berhasil menjadi CEO suatu perusahaan.

Dilansir dari laman South China Morning Post, Hillary Yip mempunyai misi yang mulia juga untuk merevolusi cara anak-anak belajar bahasa. Gadis ini menemukan sebuah aplikasi bernama MinorMynas di usia 10 tahun.

Aplikasi iOS itu kini sudah diunduh sebanyak 40 ribu kali di 50 negara. MinorMynas berniat untuk membantu belajar bahasa yang bukan bahasa ibu mereka.

Hillary Yip berpikir untuk menciptakan aplikasi ini ketika menemukan kesulitan dalam belajar bahasa Mandarin.

''Aku membuat MinorMynas di musim panas 2015 ketika aku belajar bahasa Mandarin di Taiwan. Bahasa Chinaku sangat jelek ketika aku pertama kali datang tapi setelah program pertukaran aku melihat betapa aku berkembang dan pengalaman itu menempel padaku,'' kata Hillary Yip.

Hillary Yip, CEO perusahaan berusia 13 tahun. (Instagram/@minormynas)
Hillary Yip, CEO perusahaan berusia 13 tahun. (Instagram/@minormynas)

MinorMynas adalah platform edukasi online yang bertujuan membantu anak-anak belajar bahasa dari mengobrol sambil live video dengan anak seumuran mereka.

Dengan interaksi langsung tersebut, diharapkan anak-anak bisa lebih cepat menangkap bahasa lain.

''Yang menurutku menarik mengenai aplikasi ini adalah koneksi antar anak-anak di luar sana cukup robotik dan tidak banyak yang bisa dilakukan. Sedangkan MinorMynas memberi mereka kesempatan untuk berhubungan dengan anak-anak seusia mereka dan memecah batas budaya,'' jelasnya.

''Dunia tidak beroperasi dalam buku teks dan jika anak-anak punya kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan itu dan menggunakannya, maka itu akan lebih berguna lebih dari sesi tutor atau bab lain dalam buku teks,'' lanjutnya.

''Orang dewasa punya berbagai jenis media sosial dan tidak sulit untuk mereka berbicara dengan orang secara online. Tapi untuk anak, kamu tidak punya apa-apa. Kami terjebak dengan sekolah, teman, atau video games. Jadi kita harus menghubungkan anak dalam lingkungan yang aman,'' tambah Hillary Yip.

Hillary Yip, CEO perusahaan berusia 13 tahun. (Instagram/@minormynas)
Hillary Yip, CEO perusahaan berusia 13 tahun. (Instagram/@minormynas)

Gadis 13 tahun ini berhasil memenangkan AIA Emerging Entrepreneur Challenge di tahun 2015. Setelah itu, barulah ide tersebut benar-benar dituangkan menjadi aplikasi setelah sebuah developer tertarik dengan ide Hillary.

Terciptanya aplikasi ini tentu tak lepas dari dukungan sang ibu yang merupakan co-founder MinorMynas. Ternyata selama ini Hillary menjadikan Michelle Obama sebagai idolanya.

''Aku pikir dia figur yang sangat inspiratif. Aku pikir adalah sesuatu yang patut dikagumi bahwa dia dulu meninggalkan pekerjaan bergaji tinggi dan bekerja untuk komunitas dan membuat dampak di mana ia tinggal.''

Hillary bahkan berharap bisa bertemu dengan sang idola. ''Kalau bertemu dengannya, aku ingin berkata bahwa ini adalah saat yang menarik di mana wanita sepertiku dan yang lain bekerja untuk membuat dunia lebih baik,'' kata Hillary.

''Tidak perlu terganggu dengan pengaruh-pengaruh lain karena pasti ada orang yang mengecilkanmu dan berkata kamu tidak bisa. Apa yang penting adalah bangkit dari kritik. Jika itu berguna, jadikan pertimbangan. Jika tidak, hiraukan saja dan lakukan apa yang paling ingin kamu lakukan,'' pesan Hillary Yip untuk sesama pengusaha wanita yang ingin sukses berbisnis.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI