Ridwan Kamil Pernah Jadi Korban Penipuan Belanja Online, Ini Curhatannya

Tak cuma sekali kena tipu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 31 Januari 2019 icon 15:05 WIB
Ridwan Kamil Pernah Jadi Korban Penipuan Belanja Online, Ini Curhatannya

Ridwan Kamil. (Suara.com/Aminuddin)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut pentingnya masyarakat mengetahui hak-hak konsumen. Tujuannya jelas agar masyarakat tahu apa yang harus dilakukan saat menjadi korban penipuan. Pasalnya, siapa saja bisa jadi korban penipuan belanja online, bahkan termasuk Ridwal Kamil sendiri.

Ridwan Kamil bercerita tentang pengalamannya yang pernah menjadi korban penipuan belanja online. Saat itu dia melakukan transaksi belanja online dan sudah membayar tapi barang yang dibeli tidak pernah sampai ditangannya.

''Tapi saya korban juga beli online tapi barang enggak diantar. Saya bingung ngadu ke siapa. Ini contoh selevel gubernur aja sebagai konsumen pernah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan,'' ujar Ridwan Kamil di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019) kemarin, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Minta Foto Asli Gaun, Wanita Ini Malah Dikirimi Foto Penjualnya

Tidak hanya satu kali, Ridwan Kamil kembali tertipu saat belanja online di lain kesempatan. Kali ini mantan walikota Bandung tersebut mengaku mendapat barang tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan.

Belanja online. (Pexels)
Belanja online. (Pexels)

 

''Ada batik bentuknya lingkaran di tengah pas sampai di saya lingkarannya ngesot. Akhirnya enggak bisa dipakai karena janji lingkaran sempurna tapi pas dipakai tinggi sebelah,'' kata dia.

Baca Juga: Pesan Coat Online, Wanita Ini Terkejut Ukurannya

Oleh karena itu, Ridwan Kamil menyerukan pentingnya mengetahui hak-hak konsumen. Pihaknya sendiri bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan untuk membuat kampanye Hari Konsumen Nasional di Bandung.

Baca Juga: Suka Bazar, Ayu Dewi Tak Gengsi Beli Barang Bekas

''Kami mendukung dan terima kasih, Jawa Barat dipilih (menjadi) tuan rumah Hari Konsumen Nasional,'' ujar Ridwan Kamil. (Achmad Fauzi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI