Jumlah Like di Postingan Instagram Minim, Milenial Rentan Stres

Milenial rentan stres karena aktivitas di media sosial.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 08 Februari 2019 icon 12:53 WIB
Jumlah Like di Postingan Instagram Minim, Milenial Rentan Stres

Ilustrasi stalking media sosial Instagram mantan. (Unsplash/Erik Lucatero)

Ada banyak penyebab stres bagi generasi milenial. Salah satunya adalah jumlah like di Instagram yang cuma sedikit. Ada yang pernah merasa stres karena perkara itu?

Survei terkini yang dilakukan OnePoll terhadap 2.000 responden mengungkapkan bahwa 1 dari 5 milenial merasa paling stres jika jumlah like di Instagram mereka sedikit. Bahkan, tingkat stresnya bisa lebih parah dibandingkan saat putus cinta dengan pasangan.

Tak hanya itu, sebanyak 30 persen dari responden juga mengungkap bahwa sinyal wifi yang lemot kerap membuat mereka lebih gelisah dibandingkan terjebak di tengah kemacetan. Sementara itu, sekitar 23 persen responden merasa stres jika baterainya berkurang.

Baca Juga: Bunda, Lakukan 7 Langkah Ini untuk Mengatasi Stres

Dilansir dari New York Post, tampaknya pemicu stres generasi milenial erat kaitannya dengan teknologi. Menurut Henry Vincenty, CEO Endoca, stres di kalangan milenial disebabkan akumulasi atau efek bola salju dari penggunaan media sosial maupun gadget.

Ilustrasi stalking media sosial Instagram mantan. (Unsplash/Georgia Delotz)
Ilustrasi mengecek jumlah like di media sosial Instagram. (Unsplash/Georgia Delotz)

 

''Tidak peduli apa yang menyebabkan stres, kita harus mulai proaktif agar dapat menemukan solusi sebelum memengaruhi kesehatan kita,'' kata Henry.

Baca Juga: Bekerja Penuh Waktu, Ibu 2 Anak Rentan Stres Kronis

Tentu saja, ada efek yang secara umum dialami generasi milenial terkait penggunaan teknologi. Kebanyakan kehilangan waktu tidur sebanyak 5 jam 57 menit setiap minggu karena stres akibat wifi lemot atau baterai ponsel habis. Angka itu setara dengan 12 hari per tahun.

Ilustrasi media sosial. (Unsplash/Christian Wiediger)
Ilustrasi media sosial. (Unsplash/Christian Wiediger)

 

Ada bukti lain yang menjadikan media sosial sebagai penyebab stres. Banyak responden mengalami insomnia selama tiga malam per minggu atau sekitar 138 malam setahun.

Bagaimana mereka mengatasi semua tekanan itu? Sekitar 41 persen menjawab tidur, 36 persen memilih menghadapi masalah secara langsung, sedangkan 33 persen mengalihkannya dengan olahraga.

Baca Juga: Cara Simpel Turunkan Tekanan Darah, Bayangkan Pasangan Saja!

Bagaimana denganmu? Apakah kamu juga merasa stres saat mengetahui jumlah like di Instagram cuma sedikit? (Firsta Nodia/*)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI