Cara Simpel Turunkan Tekanan Darah, Bayangkan Pasangan Saja!

Tentunya bukan membayangkan kelakuan pasangan yang menyebalkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 28 Januari 2019 icon 09:19 WIB
Cara Simpel Turunkan Tekanan Darah, Bayangkan Pasangan Saja!

Ilustrasi perempuan membayangkan pasangan. (Unsplash/Pietra Schwarzler)

Kamu mempunyai hari yang menegangkan? Cobalah untuk membayangkan pasangan tersayang, terutama saat momen terbaikmu bersamanya. Hal itu diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dilansir dari Ny Post, sebuah studi terkini menemukan bahwa melamun sambil membayangkan pasangan dapat menjaga tekanan darah tetap terkendali meski dalam situasi stres.

Peneliti di Universitas Arizona menganalisis 102 responden. Mereka dibiarkan terendam air dingin beberapa saat, kemudian diukur tekanan darah dan detak jantungnya, baik sebelum, selama, dan setelah masa penelitian.

Baca Juga: Jangan Stres Dulu, Ini Cara Hadapi Tekanan di Tempat Kerja

Responden penelitian lalu dibagi dalam tiga kelompok untuk dilakukan studi kasus. Kelompok pertama diperbolehkan membawa kekasih duduk di dekat mereka selama penyelesaian tugas, kelompok kedua harus membayangkan pasangan mereka sebagai dukungan, sedangkan kelompok terakhir harus memikirkan hari-hari yang mereka jalani.

Ilustrasi bahagia bersama belahan jiwa terbaik. (Pixabay)
Ilustrasi bahagia bersama belahan jiwa terbaik. (Pixabay)

Studi ini menemukan bahwa peserta yang memiliki pasangan dan hadir di sisinya atau berpikir tentang pasangan mengalami penurunan tekanan darah pada situasi stres dibandingkan orang yang hanya memikirkan hari-hari mereka.

Kyle Bourassa, seorang mahasiswa pascasarjana psikologi di University of Arizona dan rekan penulis penelitian ini percaya bahwa orang-orang dalam hubungan berkualitas lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak memiliki kekasih atau bermasalah dalam hubungan mereka.

Baca Juga: Duh, Ini 4 Tanda Kamu sedang Stres Berat

Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Gian Cescon)
Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Gian Cescon)

''Hidup bisa penuh dengan stres dan salah satu cara kita mengelola stres adalah melalui hubungan,'' ujar Bourassa.

Baca Juga: Ternyata 4 Zodiak Ini Hobi Kritik Diri Sendiri

Dia menambahkan, studi ini menunjukkan bahwa membayangkan pasangan dapat membantu mengelola stres dengan cara yang sama seperti jika benar-benar ditemani pasangan di sisimu. (Firsta Nodia)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI