Lifestyle

6 Kesalahan Diet Keto yang Perlu Kamu Tahu

Jangan sampai berat badan malah naik.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)

Dewiku.com - Diet keto atau ketogenik kini menjadi salah satu jenis diet paling populer. Diet keto merupakan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

Dalam jangka panjang, diet ini dianggap aman dan dipercaya dapat menurunkan berat badan, mencegah diabetes, kanker hingga epilepsi.

Namun, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh mereka yang mempraktikkan diet keto, sehingga justru menimbulkan masalah kesehatan baru.

Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan para pelaku diet keto dilansir dari situs Mind, Body and Green.

Telur. (Pexels)
Telur. (Pexels)

 

1. Terlalu banyak protein
Protein memang memiliki peran penting dalam diet. Namun dalam diet keto, terlalu banyak protein dapat menghalangi tubuh dari ketosis. Sebaiknya, usahakan memperoleh asupan protein sedang sekitar 20 persen dan dapatkan sekitar 70 hingga 80 persen makanan dari lemak sehat.

2. Terlalu banyak makanan asam
Ketika melakukan diet ketogenik, tubuh bisa menjadi lebih asam dan menciptakan peradangan kronis yang dapat menghentikan kehilangan lemak. Jadinya, berat badan tidak turun-turun.

3. Tidak ada lemak berkualitas
Racun berkumpul dalam lemak, jadi ketika kita makan makanan tinggi lemak, terutama yang mengandung sedikit lemak hewani, kualitas menjadi yang terpenting. Belilah daging berkualitas tinggi jika mampu termasuk ikan hasil tangkapan liar. Lengkapi dengan telur serta lemak nabati berkualitas seperti kelapa, minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Almond. (Unsplash/Tetiana Bykovets)
Almond. (Unsplash/Tetiana Bykovets)

 

4. Terlalu banyak kalori
Kita memang tetap membutuhkan kalori untuk membakar lemak dalam diet keto.Namun, beberapa jenis makanan tinggi lemak yang disukai, seperti kacang-kacangan sangat mudah dikonsumsi berlebihan, hal ini akan meningkatkan asupan kalori dalam tubuh. Maka dari itu, beri batasan ya.


5. Perfeksionis
sikap perfeksionis juga dapat menghalangi tubuh dari manfaat diet keto. Ingat, tidak ada orang yang bisa tetap berada dalam keadaan ketosis 100 persen. Tidak apa untuk menyediakan satu hari menikmati aneka makanan atau minuman yang disukai.

6. Faktor gaya hidup lainnya
Mempertahankan diet keto bukan hanya tentang makanan, tapi juga hidrasi yang tepat, tidur yang nyenyak, pengaturan stres, olahraga, buang air besar yang lancar dan sehat. Selain itu, pikiran yang positif juga berkontribusi baik untuk tubuh.

 

Berita Terkait

Berita Terkini