Viral, Ini 5 Wanita Hebat di Balik Kesuksesan Unicorn Dunia

Siapa aja wanita hebat tersebut?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 19 Februari 2019 icon 17:01 WIB
Viral, Ini 5 Wanita Hebat di Balik Kesuksesan Unicorn Dunia

Jessica Alba. (Instagram/@jessicaalba)

Baru-baru ini kata unicorn menjadi viral karena diucapkan oleh Jokowi saat debat Pilpres 2019 putaran kedua. Dunia tersebut memang identik dengan laki-laki, namun siapa sangka ada banyak wanita hebat di balik kesuksesan unicorn dunia.

Tentu unicorn yang dimaksud bukanlah seekor kuda berwarna pelangi. Unicorn yang dimaksud adalah ungkapkan untuk mengukur tingkat kesuksesan sebuat startup. Zaman sekarang sudah banyak startup yang terbukti berhasil sukses dan mengimbangi perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Unicorn mengacu kepada startup yang mempunyai nilai valuasi senilai 1 miliar dolar atau setera dengan Rp 13,1 triliun atau lebih.

Baca Juga: Hasilkan Belasan Juta di Usia 13 Tahun, Gadis Ini Viral karena Video ASMR

Dilansir dari Venture Beat, kini sudah ada 229 startup yang masuk dalam kategori unicorn.

Kita ketahui bahwa pada umumnya CEO dan Co Founder sebuah perusahaan startup adalah seorang laki-laki. Namun siapa sangka ternyata banyak wanita hebat yang bisa memegang kendali sebuah perusahaan startup dan sukses.

Kira-kira siapa saja 5 wanita hebat di balik kesuksesan unicorn dunia?

Baca Juga: Ini Sosok Yna Sertalf, Wanita yang Mirip Banget Sama Rihanna

1. Kendra Scott

Kendra Scott. (Instagram/@kendrascott)
Kendra Scott. (Instagram/@kendrascott)

Wanita cantik ini adalah seorang desainer sekaligus CEO dari brand perhiasaan dengan namanya sendiri. Berawal dari membuat perhiasaan untuk teman-temannya sendiri selama bertahun-tahun. Akhirnya merilis koleksi pertama di tahun 2002.

Mempunyai modal hanya sekitar 500 dolar saja atau sekitar Rp 7 jutaan, kini Kendra Scott berhasil menjadi salah satu unicorn yang sukses di dunia.

2. Ankiti Bose

Ankiti Bose. (Instagram/@ankitibose)
Ankiti Bose. (Instagram/@ankitibose)

Salah satu wanita sukses dari Asia Selatan. Ankiti Bose adalah seorang CEO dan Co Founder Zilingo. Ia didaulat menjadi wanita pertama asal India yang sukses di bidang unicorn.

Masih berusia 27 tahun, Ankiti berhasil sukses di usia muda dengan memegang e-commerce fashion yang berbasis di Singapura. Zilingo dipasarkan di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

3. Melaine Perkins

Melanie Perkins. (Instagram/@bloomlasvegas)
Melanie Perkins. (Instagram/@bloomlasvegas)

Melaine Perkins adalah seorang founder Canva. Canva adalah perusahaan desain grafis yang menjadi salah satu unicorn pertama di Australia.

Usaha ini dibangun dengan kerja keras dan kegigihan Melaine. Kini ia berhasil menginspirasi banyak pebisnis wanita.

4. Hooi Ling Tan

Hooi Ling Tan. (Youtube/Grab Official)
Hooi Ling Tan. (Youtube/Grab Official)

Tak asing dengan aplikasi transportasi yang sangat bermanfaat di zaman sekarang bernama Grab? Yup, Hooi Ling Tan adalah seorang Co Founder di balik kesuksesan Grab.

Salah satu aplikasi unicorn yang besar di Asia Tenggara kini sudah berkembang pesar lebih dari sekadar transportasi online.

Diketahui Hoou Ling Tan mempunyai satu almamater yang sama dengan pendiri Gojek, Nadim Makarim yaitu Harvard Business School.

5. Jessica Alba

Jessica Alba. (Instagram/@jessicaalba)
Jessica Alba. (Instagram/@jessicaalba)

Last but not least, salah satu wanita hebat di balik kesuksesan unicorn dunia datang dari kalangan artis Hollywood yaitu Jessica Alba.

Baca Juga: Masuk Gorong-Gorong, Petugas Pasukan Oranye Cantik Ini Curi Perhatian

Ia merupakan pendiri startup The Honest Company yang bekerja di bidang untuk mengetahui banyak bahan kimia berbahaya dalam peralatan rumah dan bayi. Jessica Alba memutuskan untuk membangun startup ini berawal dari pengalaman pribadi. Keren, kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI